Jawa Pos

RD Jadwalkan Latihan setelah 17 Agustus

-

PAMEKASAN, Jawa Pos ‒ Liga 1 2020 dijadwalka­n bergulir pada Oktober. Namun, tim pelatih Madura United sudah siap menyusun jadwal latihan. Pelatih Madura United Rahmad Darmawan menjelaska­n, butuh waktu lama untuk latihan. Idealnya, tim harus berlatih lima atau enam pekan sebelum kompetisi dimulai. Karena itu, jika kompetisi dimulai pada Oktober, latihan harus dilaksanak­an pada Agustus. ’’Kalau kompetisi mulainya 1 Oktober, (latihan) dilakukan setelah 17 Agustus. Bisa tanggal 19 Agustus,’’ kata pelatih yang akrab disapa RD tersebut. Semua kebutuhan latihan sudah dikalkulas­i RD. Menurut dia, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum latihan benarbenar dimulai. ’’Termasuk kebutuhan tes kesehatan yang harus kami lakukan,’’ tambahnya.

RD menganggap tes kesehatan merupakan faktor penting. Sebab, dia ingin mengetahui kondisi pemainnya sebelum berlatih. Dia ingin semua pemain yang berlatih dalam kondisi sehat. Yakni, terbebas dari virus Covid-19. Selain itu, RD butuh waktu untuk menyusun program latihan anyar. Termasuk menyesuaik­an cara berlatih di era new normal saat ini.

Kini RD mulai mempelajar­i protokol kesehatan yang dirilis PSSI. ’’Saya baca-baca soal protokol latihan dan pertanding­an. Ada beberapa item (aturan) yang harus kami buat,’’ jelas mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut. Selain itu, tim pelatih intens berkomunik­asi dengan tim medis. ’’Makanya, saya rancang waktu itu dengan asumsi terdapat pertimbang­an dari medis yang harus dilakukan tim kami,’’ tambahnya.

Nah, kepastian tim untuk kembali berlatih disambut baik oleh pemain. Striker Madura United Alberto Goncalves senang karena timnya memastikan tetap tampil di Liga 1 2020. Sebelumnya, manajemen tim berjuluk Laskar Sape Kerrab tersebut mengancam mundur dari kompetisi. Hal itu sempat membuatnya waswas. Sebab, pemain yang akrab disapa Beto itu punya target pribadi. ”Saya ingin memperkuat timnas di ajang AFF tahun ini,” katanya.

 ??  ??
 ?? VIVIN AGUSTIN/RADAR MADURA ?? HARUS DIPOLES LAGI: Skuad Madura United saat menggelar latihan malam pada awal musim ini.
VIVIN AGUSTIN/RADAR MADURA HARUS DIPOLES LAGI: Skuad Madura United saat menggelar latihan malam pada awal musim ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia