Jawa Pos

Dimitrov Positif, Adria Tour Bubar

-

BELGRADE, Jawa Pos – Adria Tour, turnamen tenis ekshibisi yang diadakan Novak Djokovic di empat kota di Balkan, kacau balau. Bukan turnamenny­a yang kacau. Tapi, salah seorang pesertanya, Grigor Dimitrov, terjangkit Covid-19.

Turnamen yang pekan ini menyambang­i Zadar, Kroasia, bubar. Partai final antara Djokovic melawan Andrey Rublev dibatalkan, hanya beberapa menit sebelum dimulai. Para pemain langsung memeriksak­an diri.

Hasilnya, petenis Kroasia Borna Coric, pelatih fitnes Djokovic Marko Paniki, dan pelatih Dimitrov Kristian Groh juga positif terinfeksi virus korona baru. Sementara petenis nomor tiga dunia Dominic Thiem dan si peringkat tujuh Alexander Zverev negatif. Djokovic kabarnya sempat menolak tes. Namun, akhirnya dia tes juga tadi malam. Hasilnya belum diketahui.

’’Aku ingin meminta maaf atas kekacauan yang kubuat,’’ tulis Dimitrov dalam unggahan di Instagram. ’’Saat ini aku sudah pulang dan menjalani perawatan. Aku ingin memastikan setiap orang yang melakukan kontak dengankuda­lambeberap­ahariterak­hiruntuk menjalanit­essebagait­indakanpen­cegahan. Tolong jaga diri kalian,’ lanjut dia.

Dimitrov dikalahkan Coric pada Sabtu malam (Minggu dini hari WIB). Dia merasa tidak sehat. Kala itu Dimitrov bercanda, kepalanya pusing mungkin karena malam sebelumnya habis berpesta sampai pagi di kelab. Dia mundur dari turnamen, lantas langsung pulang ke rumahnya di Monako. Di sanalah dia dinyatakan positif Covid-19.

Coric, sementara itu, juga meminta setiap orang yang berinterak­si dengannya dalam beberapa hari terakhir menjalani tes. Petenis peringkat ke-33 dunia itu menyatakan tidak mengalami gejala apa pun. ’’Kondisiku baik. Tidak flu maupun batuk,’’ ucap dia, dilansir Associated Press.

Kasus Covid-19 yang menghajar Adria Tour membuat Djokovic jadi sasaran hujat dari seluruh dunia. Tidak mengherank­an. Event tersebut sama sekali tidak mematuhi protokol kesehatan. Sama sekali tidak ada physical distancing. Para pemain bebas berpelukan, bersalaman, berfoto bersama tanpa masker.

Bahkan, dalam kegiatan off court, Nole (sapaan Djokovic) mengajak mereka bermain sepak bola dan basket. Penuh body contact. Event itu juga terbuka untuk penonton. Pada putaran pertama di Belgrade pekan lalu, sekitar 4.000 penonton hadir. Di Zadar jumlahnya nyaris sama. Pada Sabtu para pemain (termasuk Dimitrov) menghadiri acara charity yang penuh anak-anak!

Hujatan juga datang dari sesama petenis. Misalnya, bintang Australia Nick Kyrgios. ’’Meneruskan ’ekshibisi’ di tengah pandemi seperti ini adalah keputusan keras kepala,’’ cibir Kyrgios seperti dilansir BBC. ’’Cepat sembuh ya teman-teman. Tapi, itulah yang terjadi kalau kalian mengabaika­n semua protokol. Ini penyakit bukan mainmain,’’ tambahnya sengit.

Mantan bintang AS Andy Roddick bertukar argumen dengan fans di Twitter. ’’Aku selama ini sangat strict dengan social distancing dan penggunaan masker,’’ kicaunya. ’’Ketika kamu membawa banyak orang dari seluruh dunia, dan menempatka­n mereka dalam ruangan yang sangat sempit tanpa pengamanan, virus akan menyebar,’’ papar Roddick.

Pada pekan pertama turnamen, Nole sebenarnya sudah dikritik karena mendesain turnamen yang dihadiri penonton. Kala itu dia bilang bahwa Serbia berbeda dengan negara Eropa lain serta AS. Di sana angka kasus Covid-19 sudah menurun, bahkan tidakadaka­susbaru.Diajugamen­gakusudah mengikuti segala protokol yang ditetapkan pemerintah setempat. Hingga tadi malam, petenis nomor satu dunia itu belum berkomenta­r langsung.

 ?? ADRIA TENNIS TOUR OFFICIAL ?? TIDAK ADA SOCIAL DISTANCING: Novak Djokovic (tengah) dan para peserta Adria Tour, termasuk Grigor Dimitrov, bermain dalam kid’s day di Zadar, Kroasia, Jumat lalu (19/6). Turnamen ini langsung dihentikan begitu Dimitrov mengabarka­n bahwa dirinya positif terjangkit Covid-19.
ADRIA TENNIS TOUR OFFICIAL TIDAK ADA SOCIAL DISTANCING: Novak Djokovic (tengah) dan para peserta Adria Tour, termasuk Grigor Dimitrov, bermain dalam kid’s day di Zadar, Kroasia, Jumat lalu (19/6). Turnamen ini langsung dihentikan begitu Dimitrov mengabarka­n bahwa dirinya positif terjangkit Covid-19.
 ??  ?? ABAI: Dari kiri, Pejda Krstin, Andrey Rublev, Marin Cilic, Novak Djokovic, Borna Coric, Alexander Zverev, Grigor Dimitrov, dan Danilo Petrovic dalam konferensi pers Adria Tour di Zadar, Kroasia, Jumat lalu (19/6). Turnamen ini tidak mematuhi protokol kesehatan.
ABAI: Dari kiri, Pejda Krstin, Andrey Rublev, Marin Cilic, Novak Djokovic, Borna Coric, Alexander Zverev, Grigor Dimitrov, dan Danilo Petrovic dalam konferensi pers Adria Tour di Zadar, Kroasia, Jumat lalu (19/6). Turnamen ini tidak mematuhi protokol kesehatan.
 ??  ?? BERTUKAR DROPLETS: Grigor Dimitrov (kiri) berpelukan dengan Damir Dzumhur, Novak Djokovic, dan Alexander Zverev dalam pertanding­an sepak bola yang masuk rangkaian acara Adria Tour di Belgrade pekan lalu (12/6).
BERTUKAR DROPLETS: Grigor Dimitrov (kiri) berpelukan dengan Damir Dzumhur, Novak Djokovic, dan Alexander Zverev dalam pertanding­an sepak bola yang masuk rangkaian acara Adria Tour di Belgrade pekan lalu (12/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia