Jawa Pos

Celengan yang Bisa Menghitung Isi Uang

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Eric San Fokalie menyalurka­n ide kreatif dengan membuat inovasi untuk budaya menabung sejak dini. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Produk Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (iSTTS) itu menciptaka­n Smart Coin Panda Bank.

Eric menyatakan, Smart Coin Panda Bank adalah celengan edukasi interaktif. ’’Karena di Indonesia ada budaya menabung sejak lama. Namun, kurang digalakkan. Saya bikin celengan ini agar lebih menarik anak-anak,’’ katanya saat ditemui di Kampus iSTTS kemarin (22/6).

Kelebihan alat berbentuk panda itu tidak hanya untuk menyimpan. Tetapi juga dapat menghitung uang yang dimasukkan ke celengan. ’’Jadi, ketika anak menabung bisa langsung ketahuan isinya ada berapa. Tujuannya agar memotivasi anak untuk rajin menabung,’’ ucapnya.

Selain itu, celengan tersebut didesain sebagai lampu tidur ketika malam. Jadi, fungsi celengan yang didesain tersebut bermacamma­cam. ’’Desain panda juga menjadi daya tarik anak karena lebih lucu,’’ katanya.

Eric menjelaska­n, Smart Coin Panda Bank tersebut dilengkapi arduino pro mini, sensor IR, dan lampu LED strip. Celengan tersebut juga diatur khusus uang koin seribu rupiah. ’’Maksimal jika penuh sekitar Rp 1 juta,’’ ujarnya.

Eric menuturkan, pembuatan produk tersebut membutuhka­n waktu tiga minggu. Mulai riset hingga produk jadi. Sasarannya anak usia 6‒9 tahun. ’’Rencananya saya produksi lebih banyak karena sudah banyak yang pesan. Saya menggunaka­n 3D printing jadi bisa didesain secara custom,’’ katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? MAKSIMAL SATU JUTA RUPIAH: Eric San Fokalie memperliha­tkan Smart Coin Panda Bank di kampus iSTTS kemarin.
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS MAKSIMAL SATU JUTA RUPIAH: Eric San Fokalie memperliha­tkan Smart Coin Panda Bank di kampus iSTTS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia