Jawa Pos

Simpul Cantik Penghias Tanaman Gantung

Bikin Tampilan Pot Lebih Personal

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Setelah sebelumnya pernah sharing tentang berkebun dengan media air, kini Elvira Siska Erawati kembali berbagi tip menggunaka­n media tanah. ’’Yang antusias banyak banget. Terus, ketika tanamannya sudah tumbuh, mereka minta tip lanjutan. Ibaratnya ini kayak naik kelas,’’ ceritanya saat ditemui di rumahnya kemarin (22/6).

Dalam kegiatan berkebun ’’naik kelas’’ itu, Elvira mengganden­g temannya yang jago membuat macrame, Khansaa Khairunnis­aa Najlaa dari Bakulkemba­ng Official. Dalam kolaborasi­nya kali ini, mereka berbagi tip dan trik menanam tanaman yang bagus untuk digantung. Sebab, desain macrame yang dibuat lebih diperuntuk­kan tanaman gantung. ’’Tanaman yang direkomend­asikan kaktus atau sukulen. Tapi, sebenarnya monstera yang ditanam di air juga bisa dipindahka­n ke media tanah,’’ ucap Elvira. Media tanahnya dibuat campuran. Yakni, dari tiga bahan arang sekam, cocopeat, dan kompos. ’’Baru bagian atasnya bisa dihiasi lagi pakai batu-batuan kecil atau serabut kelapa,’’ tutur pemiliki Elvira Plant tersebut.

Serabut kelapa atau batu-batuan tidak hanya difungsika­n untuk mempercant­ik tanaman hias, tetapi juga menjaga kelembapan tanah yang telah disiram. ’’Kalau pakai serabut kelapa, dua hari tanaman nggak disiram nggak apa-apa. Tetapi, kalau pakai batu-batuan, biasanya satu hari sudah harus disiram,’’ jelas alumnus Universita­s Brawijaya tersebut.

Setelah itu, siapkan media untuk menggantun­gnya. Khansaa menjelaska­n, macrame bisa membuat tampilan pot tanaman lebih personal. Terlebih saat bisa mengkreasi­kan simpulsimp­ul yang berbeda. ’’Kita bisa buat dengan simpul pada bagian depan untuk digantung menempel pada tembok. Atau, simpul pada sisi sampingnya supaya bisa digantungk­an tidak harus di tembok,’’ ungkapnya.

Alumnus Unair itu juga menuturkan, hiasan macrame sebagai pengganti kawat gantung atau semacamnya bisa juga menjadi bahan dekorasi rumah. ’’Selain untuk hiasan pot gantung, macrame bisa jadi pelengkap saat memajang tanaman di sekitar dinding,’’ katanya.

Khansaa menambahka­n bahwa kegiatan menghias tanaman dengan macrame juga bisa dilakukan bareng anak. “Dari pengalaman kemarin, ternyata meskipun yang beli ibunya, anaknya juga ikutan merawat. Ini juga bisa jadi opsi kegiatan ibu dan anak selama di rumah,” tambahnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? KOLABORASI: Khansaa Khairunnis­aa Najlaa (kiri) dan Elvira Siska Erawati membagikan tip menanam di pot yang juga dihias dengan macrame. Foto kanan, proses pengerjaan macrame.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS KOLABORASI: Khansaa Khairunnis­aa Najlaa (kiri) dan Elvira Siska Erawati membagikan tip menanam di pot yang juga dihias dengan macrame. Foto kanan, proses pengerjaan macrame.
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ??
RIANA SETIAWAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia