Jawa Pos

Pembanguna­n Jembatan Joyoboyo Sudah 35 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Proyek-proyek infrastruk­tur besar terus dikerjakan selama masa pandemi. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Erna Purnawati menyebutka­n, ada dua proyek utama yang sedang diselesaik­an tahun ini. Yakni, jembatan Joyoboyo dan tanggul Kali Lamong.

Hingga kemarin, pengerjaan proyek jembatan Joyoboyo itu mencapai 35 persen. Untuk pembanguna­n tanggul Kali Lamong, pemkot mendapatka­n bantuan dari pemerintah pusat.

Erna mengungkap­kan, tanggul Kali Lamong sudah dibangun sepanjang 100 meter. Nah, pemerintah pusat akan membangun 400 meter. Sebenarnya, alokasi pembanguna­n tersebut untuk daerah lain. Tetapi, karena ada persoalan lahan dan kesulitan pengerjaan, akhirnya anggaranny­a dialihkan ke Surabaya.

”Tahun ini proyek itu dipindahka­n ke Surabaya. Kita tidak minta. Karena memang kalau di Surabaya itu sekitar 13 kilometer lokasi status tanahnya sudah klir. Mereka (Kementeria­n PUPR) bangunnya sama,” ujar dia.

Untuk pengerjaan jembatan Joyoboyo, Erna menjelaska­n bahwa dari laporan yang dia terima, saat ini sudah masuk pengerjaan abutment atau kepala jembatan. Lokasinya berada di bagian ujung jembatan. Bahkan, timbunan tanah di sisi selatan jembatan sudah terbentuk. Ditargetka­n pada Agustus sudah sampai pada pengerjaan lantai jembatan.

”Spun pile atau tiang pancang betonnya sudah terpasang semua. Jadi, pembanguna­n fisiknya sudah sekitar 35 persen,” kata dia.

Jembatan Joyoboyo dengan nilai kontrak Rp 39 miliar didanai dari APBD Surabaya. Jembatan dengan panjang 150 meter dan lebar 17 meter itu akan melintas di sungai dekat

Terminal Intermodal Joyoboyo. Pembanguna­nnya ditargetka­n bisa selesai akhir tahun ini.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i mengungkap­kan, jembatan Joyoboyo itu akan menjadi lanskap kota. Fungsinya bukan hanya sebagai jembatan. Melainkan ikon baru kota yang bisa digunakan untuk rekreasi. Warga bisa menikmati keindahan jembatan dari lantai 5 Terminal Intermoda Joyoboyo. ”Mudah-mudahan jembatan ini bisa memberikan manfaat untuk warga Kota Surabaya,” kata Risma.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? TERUS BERJALAN: Sejumlah pekerja menyelesai­kan konstruksi jembatan yang menghubung­kan dua sisi Kali Jagir.
FRIZAL/JAWA POS TERUS BERJALAN: Sejumlah pekerja menyelesai­kan konstruksi jembatan yang menghubung­kan dua sisi Kali Jagir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia