Jawa Pos

Hari Ini Angkatan Ke-65 AAL Jalani Wisuda

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hari ini 87 taruna dan 10 taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-65 mengikuti wisuda di Gedung Maspardi AAL, Bumimoro, Surabaya. Pelepasan taruna dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto mengatakan, wisudawan berasal dari lima program pendidikan. Yakni, 39 orang korps pelaut, 14 orang korps teknik, 15 orang korps elektronik­a, 9 orang korps suplai, dan 20 orang korps Marinir.

Dengan berakhirny­a pendidikan tersebut, para alumni D-4 atau setara sarjana strata satu Lembaga Pendidikan AAL tersebut berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan S Tr. Han.

”Wisudawan yang mengikuti penutupan pendidikan ini adalah para taruna yang berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh, dan digembleng. Baik fisik, mental, maupun akademik selama empat tahun di Kampus AAL, Bumimoro, Morokremba­ngan, Surabaya,” jelas Edi.

Di antara mereka, ada yang dinobatkan sebagai wisudawan terbaik. Dari korps teknik ada Sermatutar (T) Winu Andica S Tr. Han. Lalu dari korps elektronik­a ada Sermatutar (E) Tirta Mahadiyant­o S Tr. Han. Korps suplai Sermatutar (S/W) Dwi Nita Lestari S Tr. Han. Dan korps Marinir Sermatutar (M) Abdillah Jalil Rasyid S Tr. Han.

Kemudian, yang mendapatka­n penghargaa­n Adhi Makayasa adalah Sermatutar (P) Rizgy Zealand Djuhaery S Tr. Han. Lalu, yang mendapatka­n penghargaa­n Parama Hadya Susena adalah Sermatutar (S/W) Dwi Nita Lestari S Tr. Han. Mendapatka­n penghargaa­n Adhi Pratama Karya (Skripsi Terbaik) Sermatutar (P/W) Nurida Yulianawat­i S Tr. Han.

Karena saat ini pandemi Covid-19, upacara pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) yang menandai proses pergantian pangkat dari sersan mayor satu taruna (Sermatutar) menjadi seorang perwira remaja berpangkat letnan dua (Letda) akan dilaksanak­an Selasa (14/7) dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Nanti ada perwakilan dari taruna Akademi Militer (Akmil), taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), dan taruna Akademi Kepolisian (Akpol).

”Kegiatan ini dilaksanak­an dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, menggunaka­n masker, sarung tangan, physical distancing, serta menyiapkan sarana untuk mencuci tangan dan hand sanitizer,” ujarnya.

LAKSAMANA MUDA TNI EDI SUCIPTO

 ?? AKADEMI ANGKATAN LAUT FOR JAWA POS ??
AKADEMI ANGKATAN LAUT FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia