Jawa Pos

Bikin Video Pencegahan Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos – Selama pandemi ini, banyak yang makin kreatif memanfaatk­an teknologi digital untuk bersilatur­ahmi dengan teman atau kerabat. Misalnya, yang dilakukan Grup Alumni Lintas SMP Jember.

’’Sejak adanya Covid-19 ini, gathering kami berubah ke virtual. Padahal, biasanya kami sering kumpul-kumpul, sharing tentang apa saja,’’ jelas Bendahara Grup Alumni Lintas SMP Jember Lilik Sulamdari kemarin (24/6).

Perempuan yang berdomisil­i di Surabaya sejak 26 tahun lalu itu menjelaska­n, kali ini bentuk gathering online-nya berbeda. Bukan sekadar video call seperti biasanya. Mereka membuat video yang berisi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Konsepnya mirip pass the brush challenge yang viral beberapa waktu lalu. ’’Bedanya, kami tidak melempar brush atau make-up. Tapi, kami melempar masker dan hand sanitizer secara bergilir,’’ ujar Lilik.

Ada 31 orang yang terlibat dalam video berdurasi tujuh menit tersebut. ’’Anggota kami adalah alumni SMP di Jember angkatan 1988. Tidak hanya berasal dari satu SMP, tapi dari berbagai macam SMP. Sekarang mereka semua sudah tersebar di seluruh Indonesia,’’ papar Lilik.

Menurut dia, pembuatan video itu punya tantangan tersendiri. Terutama mengatur personel agar hasilnya rapi. ’’Sebelum take video, kami buat skenariony­a. Koordinasi kami full dilakukan lewat online, jadi ramai,’’ kata Lilik yang berprofesi desainer.

Setelah itu, barulah setiap orang membikin video 10 detik sambil memakai hand sanitizer dan masker di rumah masing-masing. Lalu, video dari setiap anggota digabungka­n. ’’Tujuan utama kami membuat ini adalah mempererat tali silaturahm­i antaranggo­ta sekaligus mengedukas­i masyarakat tentang pentingnya menjaga diri dari Covid-19,’’ tegas Lilik.

 ?? CHARINA MARIETASAR­I/JAWA POS ?? BERTEMU VIRTUAL: Beberapa anggota grup alumni lintas SMP dalam video edukasi pencegahan Covid-19.
CHARINA MARIETASAR­I/JAWA POS BERTEMU VIRTUAL: Beberapa anggota grup alumni lintas SMP dalam video edukasi pencegahan Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia