Jawa Pos

Perempuan Kulit Berwarna Lebih Diunggulka­n

Joe Biden sudah pasti menjadi calon presiden yang diusung Partai Demokrat. Hanya satu yang belum pasti. Siapa calon yang mendamping­inya nanti. Belasan nama politikus perempuan berlomba menjadi pasangan.

-

JOE Biden harus membuat keputusan besar. Yaitu, memilih siapa yang mendamping­inya dalam pemilihan umum presiden (pilpres) AS November nanti. Biden sudah membuat satu langkah. Yaitu, pendamping­nya harus perempuan. Namun, siapa dia masih menjadi tanda tanya.

Profesor ilmu politik di Ohio Northern University Robert Alexander menegaskan bahwa calon wakil presiden harus mumpuni. Sebab, dialah yang akan menggantik­an sang presiden jika terjadi sesuatu. Entah karena sakit, meninggal, atau mengundurk­an diri. Dalam sejarah, 1 di antara 5 presiden AS tidak bisa menyelesai­kan masa jabatan karena alasan tersebut.

Biden juga punya peluang seperti itu. Sebab, jika terpilih, dia akan menjadi presiden tertua di AS. Yaitu, 77 tahun. Jauh lebih tua daripada Presiden AS Donald Trump saat terpilih 2016 lalu, yaitu 70 tahun. Biden bahkan tidak berkomitme­n untuk memimpin selama dua periode jika terpilih nanti.

’’Dia (Biden, Red) beruntung karena ada beberapa perempuan berbakat dan berpengala­man yang merupakan pesaing sah untuk tempat tersebut,’’ tulis Alexander di kolom opini CNN.

Menurut dia, ada tiga kandidat utama untuk Biden. Yaitu, senator California Kamala Harris, legislator Florida Val Demings, dan mantan Penasihat Keamanan Nasional Susan Rice. Namun, banyak pihak yang berpikir Biden seharusnya memilih perempuan kulit berwarna.

Berdasar daftar yang dibuat Profesor Larry Sabato dari University of Virginia, Harris, Demings, dan senator Illinois Tammy Duckworth duduk di posisi tiga teratas. Dalam berbagai polling, Harris selalu duduk di posisi teratas.

Ibu Harris, Shyamala Gopalan, adalah orang Tamil, India, yang berimigras­i ke AS pada 1960. Sementara itu, ayahnya, Donald Harris, pindah dari Jamaika pada 1961 untuk menyelesai­kan studi pascasarja­na ekonomi di UC Berkeley.

Demings jelas merupakan warga Afrika-Amerika. Prestasiny­a juga cukup mumpuni untuk menjadi pasangan Biden. Rasisme yang terjadi di AS baru-baru ini dan mencuatnya lagi gerakan #BlackLives Matter membuat nama Demings melambung. Senator Amy Klobuchar bahkan sampai mengundurk­an diri dari pencalonan kandidat pasangan Biden untuk memberikan kesempatan bagi perempuan kulit berwarna.

’’Saya rasa ini adalah momen untuk memberikan tiket tersebut kepada perempuan kulit berwarna,’’ terang Klobuchar seperti dikutip Agence France-Presse.

Duckworth tak kalah menarik. Dia berdarah campuran ThailandAS. Politikus 52 tahun itu adalah veteran perang Iraq. Kala itu dia menjadi pilot helikopter. Dalam salah satu insiden, sepasang kakinya harus diamputasi. Duckworth lahir di Bangkok dan pernah bersekolah di Jakarta.

Biden sudah menyiapkan tim khusus untuk memilih pasanganny­a. Tim yang terdiri atas para pengacara meninjau catatan finansial, medis, dan latar belakang para kandidat yang paling diunggulka­n. Anggota komite pencarian lainnya mewawancar­ai beberapa kandidat. Biden baru akan berbicara langsung dengan para kandidat tersebut pada pertengaha­n Juli. Siapa yang terpilih bakal diumumkan awal Agustus sebelum Biden menerima nominasi presiden dari Partai Demokrat secara resmi. ’’Masalah ras ini memiliki dampak yang nyata dan serius dalam pencarian (kandidat Wapres),’’ ujar legislator Demokrat Jim Clyburn.

Pemilihan pasangan Biden itu nanti juga berdampak pada perolehan suara. Suara orangorang kulit berwarna jelas adalah salah satu kunci kemenangan Partai Demokrat. Sembilan di antara 10 warga Afrika-Amerika umumnya memberikan suara untuk Demokrat.

Partai yang berdiri sejak 8 Januari 1828 itu tentu tidak ingin apa yang terjadi pada Pilpres 2016 terulang. Berdasar penelitian Pew Research Center, saat itu warga Afrika-Amerika yang memberikan suara dalam pilpres turun secara nasional hingga 7 persen. Mendukung tanpa memberikan suara adalah hal percuma. Sebab, itu berarti memberikan kemenangan untuk Republik.

 ?? RICHARD W. RODRIGUEZ/AP ?? MENAPAK SEJARAH: Joe Biden didampingi Amy Klobuchar, senator dari Minnesota, pada kampanye di Dallas, 2 Maret. Klobuchar akhirnya mengundurk­an diri sebagai kandidat Wapres untuk mendamping­i Biden.
RICHARD W. RODRIGUEZ/AP MENAPAK SEJARAH: Joe Biden didampingi Amy Klobuchar, senator dari Minnesota, pada kampanye di Dallas, 2 Maret. Klobuchar akhirnya mengundurk­an diri sebagai kandidat Wapres untuk mendamping­i Biden.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia