Jawa Pos

Bungkam Kritik ala CR7

-

TURIN, Jawa Pos – Sepak bola Italia sudah dilanjutka­n per dua pekan lalu. Juventus bahkan sudah memainkan empat pertanding­an di Serie A dan Coppa Italia. Namun, bagi superstar Cristiano Ronaldo, musimnya baru dimulai lagi dalam dua pertanding­an terakhir. Itu merujuk pada dua gol dan satu assist-nya. Meski, dua golnya itu tercipta dari titik putih. Yang terbaru adalah sumbangan satu gol dan satu assist ketika Juve menang 4-0 atas Lecce pada giornata ke-28 kemarin dini hari.

Spirit utama bagi pemain berjuluk CR7 itu adalah allenatore JFC Maurizio Sarri. Bukan karena pujian. Justru sebaliknya. Lima hari lalu atau sebelum giornata ke-27 kontra Bologna (23/6), Sarri melontarka­n kritik kepada Ronaldo. Sarri menilai fisik dan mental tanding Ronaldo belum kembali 100 persen. Itu merujuk pada penampilan eks bintang Manchester United dan Real Madrid tersebut pada semifinal Coppa Italia (13/6) dan final lima hari berselang.

Pada dua laga itu, Ronaldo scoreless. Kegagalan jadi eksekutor penalti di semifinal jadi salah satu faktor. Makin diperburuk dengan kegagalann­ya memenangi Coppa Italia setelah Juve JFC dikalahkan Napoli. Bahkan, Sarri disebut bakal mengistira­hatkan Ronaldo pada laga melawan Lecce.

Situasi menghangat dengan komparasi dari media. Mereka membanding­kan performa Ronaldo dengan kapten FC Barcelona Lionel Messi. La Pulga (Si Kutu) –julukan Messi– justru sukses mencetak dua gol juga dalam dua pertanding­annya setelah sepak bola Spanyol dilanjutka­n.

Namun, kritik yang diucapkan Sarri kepada Ronaldo tak sepenuhnya benar. Sebab, performa pemain 35 tahun itu lebih baik daripada musim lalu. Total, pemilik lima Ballon d’Or itu sudah mencetak 27 gol dan membukukan 6 assist dari 36 laga di semua ajang. Dia hanya butuh dua gol tambahan untuk melewati capaian 28 gol musim lalu dari 43 pertanding­an.

Lebih jauh, tiga angka kemarin dini hari sejenak menjauhkan jarak Juve sebagai capolista dengan runner-up Lazio menjadi 7 poin (69-62). Gap antara keduanya bisa kembali jadi 4 poin jika dini hari tadi Lazio mampu mengalahka­n Fiorentina.

 ?? FABIO FERRARI/AP PHOTO ?? SASARAN PELANGGARA­N: Cristiano Ronaldo (kanan) meringis saat dilanggar pemain belakang Lecce.
FABIO FERRARI/AP PHOTO SASARAN PELANGGARA­N: Cristiano Ronaldo (kanan) meringis saat dilanggar pemain belakang Lecce.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia