Jawa Pos

Kecerdikan Rp 52,7 Miliar The Saints

-

LIVERPOOL, Jawa Pos – Liverpool sudah menjawab investasi satu dekade Fenway Sports Group (FSG) dengan trofi juara Premier League. Sejak membiayai Liverpool pada Oktober 2010, FSG menggelont­orkan EUR 1,01 miliar (Rp 16,2 triliun). Dana sebanyak itu dipakai untuk mendatangk­an pemain yang menjadi bagian dari skuad juara Liverpool musim ini.

Namun, begitu sukses menjuarai Premier League, ternyata klub-klub yang pernah mendapat uang segar dari Liverpool sepanjang satu dekade terakhir masih menerima kompensasi lagi. Dilansir Daily Mail, beberapa klub diketahui akan mendapat kompensasi dari penjualan para pemain ke Liverpool.

Southampto­n, Arsenal, Hull City, dan Charlton Athletic disebut-sebut sebagai klub yang menerima benefit dari kesuksesan The Reds –julukan Liverpool– itu. ’’Uang kompensasi yang dibayar Liverpool

sesuai dengan isi klausul kontrak pemainnya,’’ tulis Daily Mail. Klausul juara Premier League itu terdapat dalam kontrak tujuh anak buah Juergen Klopp.

Yakni, Virgil van Dijk, Sadio Mane, Adam Lallana, Dejan Lovren (Southampto­n), AlexOxlade­Chamberlai­n(Arsenal),AndyRobert­son (Hull), dan Joe Gomez (Charlton). Belum ada penjelasan nominal yang bakal diterima empat klub tersebut. Hanya, kompensasi kepada Southampto­n dinilai paling banyak.

Nominal kompensasi­nya diklaim mencapai GBP 3 juta (Rp 52,7 miliar). Bahkan, lamanDaily­Starmenyeb­uttotalkom­pensasi untuk empat klub itu bisa mencapai GBP 10 juta (Rp 175,7 miliar). Meski begitu, Southampto­n tetap paling beruntung karena telah membubuhka­n klausul juara Premier League bagi pemainnya.

Tak hanya GBP 3 juta, tahun ini klub berjuluk The Saints tersebut juga berpeluang mengeruk keuntungan dari penjualan VvD, akronim nama Van Dijk. Mereka bisa menambah GBP 4 juta (Rp 70,2 miliar) begitu bek yang termasuk berharga termahal di dunia tersebut mampu mencatat 150 laga bersama Liverpool.

Keberuntun­gan The Saints itu mengingatk­an pada kecerdikan­nya ketika memasang klausul unik dalam kontrak Chambo, sapaan akrab Chamberlai­n. Saat itu Chambo masih bermain di The Gunners, julukan Arsenal. Dalam klausulnya tersebut, Arsenal harus membayar GBP 10 ribu (Rp 175,69 juta) tiap kali Chambo dimainkan dalam 20 menit atau lebih.

Namun, tidak diketahui klausul seperti apa yang dimasukkan Arsenal pada musim panas 2017. Chairman Liverpool Tom Werner menyatakan, jajarannya akan tetap mengucurka­n uang besar untuk menjaga keberlangs­ungan klub. ’’Seperti kami membangun klub ini dengan sekelompok pemain hebat,’’ sebut Werner.

 ?? PAUL ELLIS/AFP PHOTO ?? MENGUNTUNG­KAN MANTAN: Sadio Mane (kanan) dan Virgil van Dijk setelah laga melawan Manchester City (10/11/2019).
PAUL ELLIS/AFP PHOTO MENGUNTUNG­KAN MANTAN: Sadio Mane (kanan) dan Virgil van Dijk setelah laga melawan Manchester City (10/11/2019).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia