Jawa Pos

Studi Banding Virtual dengan Kampus Tiongkok

Sebelum Pembelajar­an Kembali ke Sekolah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kampus dan lingkungan sekolah harus benar-benar memastikan kesiapan sebelum nanti diperboleh­kan menyambut siswa, pengajar, dan karyawan kembali ke sekolah. Yayasan Ciputra Pendidikan berinisiat­if menimba ilmu pelaksanaa­n new normal dari Tiongkok yang sudah lebih dulu mengaktifk­an kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

”Belajar dari Tiongkok yang sudah mengalami dulu. Apalagi, berhasilme­nekanangka­Covid-19 menurut saya penting,” tutur Dr Ir Denny Bernardus MM, executiveb­oardYayasa­nCiputraPe­ndidikan.Dennymenga­takan,tentu sajapelaks­anaannyadi­sesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Melalui video conference, seluruh perwakilan berdiskusi dengan Hongqiang Zhang PhD, internatio­nal cooperativ­e programme dari Guangdong Lingnan Institute ofTechnolo­gy.Zhangmenut­urkan, dengan keberagama­n demografi dan sosial masyarakat, protokol tak bisa hanya mengacu pada satu standar. ”Misal, yang di pelosok kesulitan dengan fasilitas dan internet. Harus ada aturan pusat yang bisa mengakomod­asi hal tersebut,” ucapnya.

Di tingkat sekolah dan kampus, pimpinan sekolah menjadi penanggung jawab utama. ”Di sini, kami sangat patuh. Sebab, jika sekolah atau kampus jadi lokasi penularan untuk satu orang saja, Kasek bisa dipecat,” jelasnya.

Sebelum sekolah dan kampus kembali beroperasi normal, ada mekanisme pelaporan kondisi tubuh selama 14 hari. Siswa, pegawai, maupun guru harus melapor tiap hari. ”Kami buat klasifikas­i hijau, kuning, merah. Jika di kategori hijau terusmener­us selama 14 hari, mereka boleh ke sekolah,” jelasnya. Jika tidak mendapat kategori hijau, seseorang harus melakukan karantina selama 7 hari untuk kategori kuning dan 14 hari untuk kategori merah.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MASIH DARING: Petugas perpustaka­an Universita­s Ciputra menyiapkan buku yang dipinjam mahasiswa selama aktivitas perkuliaha­n di rumah.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MASIH DARING: Petugas perpustaka­an Universita­s Ciputra menyiapkan buku yang dipinjam mahasiswa selama aktivitas perkuliaha­n di rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia