Jawa Pos

Kapolda Jatim Elus Nisan HR Hartawan

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pusara mantan Kapolda Jawa Timur (1977−1981) HR Hartawan dikunjungi kali pertama oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran kemarin. Dengan kepala tertunduk dan kedua tangan diangkat, dia memanjatka­n doa beberapa menit.

Kedua matanya ditutup. Bibirnya mengatup. Sebelum menaburkan bunga di atas pusara Hartawan, mantan direktur reserse kriminal umum (Direskrimu­m) Polda Metro Jaya itu membungkuk­kan badan. Jari-jari tangan kanannya mengelus nisan Hartawan beberapa detik.

Makam kedua yang diziarahi Irjen Fadil adalah makam Lettu Pol R. Soejandi. Fadil menaburkan bunga sekar di atas pusara anggota kepolisian yang tutup usia pada 17 tahun lalu tersebut. Sebelum berpindah ke makam selanjutny­a, Fadil kembali mengusap nisan. Tangan polisi kelahiran Ujung Pandang itu dikepalkan.

Fadil berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP),

Dukuh Pakis, itu dalam rangka memperinga­ti Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Polri yang jatuh pada 1 Juli mendatang. Fadil didampingi seluruh pejabat utama (PJU) Polda Jatim. Mulai Dirlantas Kombespol Budi Indra hingga Direskrims­us Kombespol Gidion Arif Setyawan. Fadil tiba di TMP pukul 07.58. Sebelum tabur bunga, Fadil menjalanka­n upacara hingga menghening­kan cipta di kompleks TMP

Tabur bunga dimulai pukul 08.23 hingga 08.42. ”Ada 145 anggota kepolisian yang dimakamkan di

TMP,” terang Fadil seusai ziarah kemarin. Dia mengungkap­kan, tujuannya berziarah ialah ingin memberikan rasa hormat kepada para pahlawan dari kepolisian yang sudah berjuang dalam melindungi Indonesia. Fadil berharap para anggota yang masih aktif bertugas bisa terinspira­si dari kegiatan ziarah kemarin.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MENGINGAT PENDAHULU: Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran sedang menaburkan bunga di makam polisi di Taman Makam Pahlawan, Jalan Mayjen Sungkono.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MENGINGAT PENDAHULU: Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran sedang menaburkan bunga di makam polisi di Taman Makam Pahlawan, Jalan Mayjen Sungkono.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia