Jawa Pos

Polisi Kuatkan Komitmen Jaga Rumah Sakit Rujukan

Kapolda Minta Jajaran Bekerja Maksimal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Polisi akan berperan kian aktif dalam mencegah persebaran Covid-19. Salah satunya dengan menjaga rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Upaya itu diharapkan bisa meminimalk­an adanya permasalah­an.

Contoh masalah yang kerap muncul adalah penjemputa­n paksa jenazah yang terpapar virus seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. ”Kapolres jajaran sudah saya perintahka­n untuk menempatka­n anggotanya di rumah sakit,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran setelah upacara HUT Ke-74 Bhayangkar­a yang digelar tertutup di Gedung Mahameru, Polda Jatim, kemarin (1/7)

Kapolda mengatakan, polisi tidak hanya akan menjaga rumah sakit rujukan. Tetapi, juga pengawalan terhadap pemakaman jenazah pasien Covid-19. Mulai rumah sakit sampai liang lahad. ”Jangan sampai ada yang mengganggu prosedur,” katanya.

Polri, kata dia, harus menunjukka­n peran maksimal dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dari pencegahan sampai pembinaan kepada masyarakat. ”Jadi, penularan virus bisa ditekan,” jelasnya.

Jenderal bintang dua itu mengambil contoh program yang sedang digalakkan saat ini. Yakni, pembagian 2 juta masker kepada masyarakat. Fadil berharap kesadaran warga akan bahaya

Covid-19 terus terjaga. ”Virus ini belum hilang. Vaksinnya belum ditemukan. Disiplin menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci untuk menekan penyebaran,” sebutnya.

HUT Bhayangkar­a, kata dia, menjadi sarana evaluasi diri. Polri harus lebih baik ke depan. ”Melakukan penegakan hukum yang lebih humanis dan mencari solusi sebuah masalah harus lebih proaktif,” paparnya. ”Soliditas internal dan eksternal juga wajib dipertahan­kan,” lanjutnya.

Fadil menambahka­n, polisi punya tugas tambahan ke depan. Yaitu, mengawal proses pemulihan ekonomi. Menurut dia, tujuan itu akan tercapai kalau situasi kondusif. ”Hanya dengan kondisi aman, produktivi­tas masyarakat bisa kembali,” katanya.

Dalam kesempatan itu, dia juga meminta masyarakat tidak menganggap remeh persebaran virus korona. Terlebih mereka yang tinggal di Surabaya Raya. ”Kesadaran itu harus diawali dari diri sendiri,” ujarnya.

 ?? POLDA JATIM FOR JAWA POS ?? UPACARA VIRTUAL: Peserta upacara HUT Ke-74 Bhayangkar­a memberi hormat kepada bendera Merah Putih di Gedung Mahameru Polda Jatim kemarin. Upacara secara daring tersebut sebagai bentuk adaptasi di masa pandemi.
POLDA JATIM FOR JAWA POS UPACARA VIRTUAL: Peserta upacara HUT Ke-74 Bhayangkar­a memberi hormat kepada bendera Merah Putih di Gedung Mahameru Polda Jatim kemarin. Upacara secara daring tersebut sebagai bentuk adaptasi di masa pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia