Jawa Pos

Ganti Plengsenga­n Sepanjang 250 Meter

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perbaikan saluran terus dilakukan untuk mengantisi­pasi hujan deras yang mengguyur Surabaya. Salah satu yang kini sedang dikebut pengerjaan­ya ada di Jalan Tambang Boyo. Dinding saluran sepanjang 250 meter direnovasi.

Perbaikan sudah terlihat kemarin. Pembongkar­an saluran lama sudah dilakukan mulai jembatan di sisi utara Rumah Pompa Tambang Boyo. Kemudian, penguatan dilakukan dengan mengganti dinding penahan yang sudah rapuh dengan yang baru.

Kasi Pembanguna­n Kecamatan Tambaksari Agus Maryono mengatakan, renovasi itu rencananya dilakukan di sepanjang sisi timur saluran. ”Kurang lebih panjang keseluruha­n sekitar 250 meter,” katanya.

Dia menjelaska­n, kondisi plengsenga­n lama tersebut memang tidak layak lagi. Sebagian besar batu penahannya banyak yang ambrol. Hal itu juga membahayak­an jika terus-terusan digempur aliran air.

Harapannya bisa lebih kuat saat menerima debit air yang tinggi. Apalagi, kiri-kanan saluran itu adalah permukiman dan jalan yang juga lalu lintasnya tinggi. ”Yang sisi selatan dekat rumah pompa sudah diperbaiki sebelumnya,” tuturnya.

Perbaikan saluran itu pun tidak akan memakan waktu lama. Agus menyebutka­n, target perbaikan plengsenga­n tersebut berlangsun­g hingga tiga bulan ke depan. ”Dari pelaksana proyek dikerjakan dalam waktu 90 hari,” ujarnya.

Saluran Tambang Boyo memang memiliki fungsi penting. Sebab, saluran pembuangan air itu terhubung langsung dengan laut. Tahun lalu Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya telah menambah kapasitas pompa hingga 3 meter kubik per detik.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PERKUAT DINDING: Sejumlah pekerja membendung kali Tambang Boyo untuk memperbaik­i dinding yang jebol kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PERKUAT DINDING: Sejumlah pekerja membendung kali Tambang Boyo untuk memperbaik­i dinding yang jebol kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia