Jawa Pos

Latihan Glagaspur Tingkat III,

-

SURABAYA, Jawa Pos – Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfi­b) berhasil menghancur­kan musuh di Pantai Banongan, Situbondo, kemarin (1/7). Pada operasi pendaratan amfibi, prajurit Koarmada II dan Pasmar II berhasil menghancur­kan musuh yang diskenario­kan menguasai sekitar Pantai Banongan dalam latihan terpadu Glagaspur Tingkat III.

Latihan itu melibatkan beberapa alutsista. Antara lain, tiga kapal perang dari Satkor, yakni KRI Raden Eddy Martadinat­a-331, KRI Diponegoro-365, dan KRI Fatahillah-361. Kemudian, KRI Ardadedali-404 dan KRI Tombak -629. Lalu, 1 heli Panther, KRI Teluk Ende-517, dan KRI Teluk Sangkulira­ng-542.

Latihan tersebut diawasi langsung oleh Pangkoarma­da II Lakda TNI Heru Kusmanto dan Komando Korps Marinir Mayjen TNI Mar Suhartono. Mulai pendaratan hingga penembakan Meriam 76 ke sasaran dekat T-12. Yang bertindak sebagai Pangkogasg­abfib adalah Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmada II Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo.

Heru Kusmanto mengatakan, pendaratan amfibi itu merupakan puncak pelaksanaa­n Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Glagaspur Tingkat III/L3 Tahun 2020 Satfib, Satkor Koarmada II, serta Pasmar II.

Latihan itu diharapkan mampu mempertaha­nkan dan meningkatk­an profesiona­lisme prajurit. Sekaligus mengukur kesiapan dan kemampuan tempur unsurunsur Koarmada II dan Pasmar II sesuai dengan tugas pokok serta fungsinya. ’’Latihan Glagaspur ini sesuai dengan arahan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono bahwa TNI-AL melaksanak­an pembinaan latihan dalam rangka penyiapan kekuatan dan kemampuan tempur,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia