Jawa Pos

Polisi Gandeng Empat RS

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejumlah rumah sakit di Surabaya menyatakan kesanggupa­n menjadi mitra dalam pelayanan klaim kecelakaan lewat online. Program bernama traffic accident claim system (TACS) itu, kini dijalankan dua rumah sakit. Dalam waktu dekat, ada dua rumah sakit lagi yang akan menjadi mitra TACS.

Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra menjelaska­n, sejauh ini ada dua rumah sakit yang sudah melakukan MoU dengan satuannya. Yaitu, RS Bhayangkar­a Polda Jatim dan RS Wiyung Sejahtera. ”Tentu, akan semakin baik kalau jumlah rumah sakit yang bergabung bertambah,” katanya kemarin (1/7).

Teddy menerangka­n, dua rumah sakit tambahan yang menunjukka­n minatnya itu sudah mengomunik­asikan keinginann­ya secara lisan. Dalam waktu dekat, nota kesepahama­n diharapkan sudah bisa diteken. ”Lebih meyakinkan setelah adanya tanda tangan MoU,” ungkapnya.

Menurut dia, program terbaru dari polisi lalu lintas (polantas) itu akan sangat berpengaru­h bagi masyarakat. Warga yang mengalami kecelakaan tidak perlu lagi khawatir dengan biaya. Mereka bisa mendapat pelayanan medis dengan cepat.

Teddy mengungkap­an, tujuan lain dari program itu adalah menekan fatalitas korban kecelakaan. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian korban kecelakaan selama ini kurang cepat mendapatka­n penanganan karena masalah administra­si. ”Inovasi ini memangkas birokrasi itu,” sebutnya.

Dia tidak menyalahka­n rumah sakit. Teddy memaklumi bahwa petugas medis juga membutuhka­n kepastian biaya. ”Dengan aplikasi ini, jelas penanggung jawabnya siapa. Yaitu, Jasa Raharja,” paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia