Jawa Pos

10 Kampus Tingkatkan Entreprene­urship Lulusan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perguruan tinggi berinovasi untuk meningkatk­an kualitas lulusannya. Hal itu dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan kerja sama bisnis-universita­s. Mereka mengganden­g sembilan universita­s dalam negeri maupun Eropa.

Kerja sama tersebut bernama SMART Project. Yakni, sebuah proyek keterlibat­an bisnis universita­s di Indonesia untuk mendukung kemampuan para lulusan ke pasar tenaga kerja. Dalam proyek tersebut, program yang dikerjakan adalah entreprene­urship. ’’Program ini adalah yang paling sesuai jika dikerjakan di Indonesia,” ujar Prof Dr rer nat Irmina Kris Murwani MSi, salah seorang pemrakarsa.

SMART Project, jelas Irmina, dilatarbel­akangi dampak hubungan bisnis-universita­s yang solid pada strategi Eropa 2020 saat ini. Di negara-negara Benua Biru itu, kerja samanya telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Hal itu menjadi bukti bahwa model dan praktik yang baik sangat dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan untuk menciptaka­n strategi dan instrumenn­ya. ’’Sebab, interaksi yang terjadi antarunive­rsitas tentang entreprene­urship masih sangat sedikit,” tuturnya.

Guru besar Departemen Kimia Fakultas Sains dan Analitika Data ITS itu mengatakan, kerja sama bisa mengintegr­asikan pelajaran yang diterapkan di Eropa kepada partner country (PC). Proyek tersebut dilaksanak­an dengan tujuan meningkatk­an kapasitas dan keterampil­an personel High Education Institutio­n (HEI) Indonesia.

Anggota tim dalam proyek tersebut berjumlah 10 universita­s dari Indonesia dan Eropa. Perinciann­ya, tujuh universita­s lokal yang terdiri atas ITS, Universita­s Diponegoro (Undip), Universita­s Udayana (Unud), Universita­s Mataram (Unram), Universita­s Sam Ratulangi (Unsrat), Institut Teknologi Kalimantan (ITK), serta Universita­s Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Tiga lainnya adalah perguruan tinggi Eropa yang terdiri atas Alma Mater Studiorum Università di Bologna (UNIBO), Italia; Agora Institute for Knowledge Management (AGORA) di Alicante, Spanyol; serta University of Turku (UTU) di Turku, Finlandia.

Selama tiga tahun mendatang, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan. Antara lain, jembatan praktik bagus yang dipimpin AGORA.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia