Jawa Pos

Temukan 130 KTP Penyelengg­ara di Berkas Dukungan

Dari Verifikasi Syarat Calon Independen Pilkada Serentak

-

SURABAYA, Jawa Pos – Temuan mengejutka­n diperoleh di sela-sela tahap verifikasi faktual terhadap berkas dukungan calon independen dalam pilkada serentak 2020 di Jatim.

Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendapati adanya KTP (kartu tanda penduduk) milik penyelengg­ara pilkada yang masuk daftar pendukung kandidat yang mendaftar. Padahal, mereka (bersama PNS dan TNI-Polri) wajib netral dalam pilkada.

Temuan itu terjadi di enam kota/kabupaten yang terdapat calon independen. Jumlahnya cukup banyak. Hingga kemarin, tercatat ada 130 penyelengg­ara pemilu yang KTP-nya masuk daftar pendukung calon independen. Jumlah itu masih berpotensi bertambah.

Di Kabupaten Lamongan, tercatat ada 114 KTP penyelengg­ara yang masuk data pendukung. Mereka terdiri atas PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan PPS (panitia pemungutan suara).

Demikian pula di Jember, ada 26 penyelengg­ara pemilu di tingkat desa dan kecamatan yang namanya juga masuk daftar dukung. ”Kasus serupa terjadi di enam kota/kabupaten yang ada calon independen­nya. Untuk jumlah detailnya, masih kami rekap. Yang jelas, cukup banyak,” papar Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi kemarin (4/7).

Dia menjelaska­n, tim dari Bawaslu kota/kabupaten setempat sudah melakukan kroscek ke lapangan. Pihak-pihak terkait juga sudah dimintai klarifikas­i. Dari hasil penelusura­n tersebut, semua petugas/penyelengg­ara menjawab bahwa mereka tidak memberikan dukungan.

Karena itu, dukungan yang terlampir sebagai syarat pencalonan kandidat dari jalur perseorang­an dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). ”Namun, Bawaslu tetap memproses temuan itu. Sebab, ada potensi pelanggara­n pemilu dalam kasus tersebut. Di antaranya, pemalsuan,” katanya.

Aang menyatakan, ada dua kemungkina­n munculnya data TMS. Pertama, ada kesalahan yang sengaja atau tidak sengaja yang dilakukan calon/tim sehingga data tidak valid. Kedua, terjadi pemalsuan data dukung yang dilakukan oleh pencari dukungan atau pemberi dukungan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia