Jawa Pos

Lindungi Sungai dengan Paranet Vertical Garden

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Salah satu problem lingkungan yang banyak terjadi di berbagai daerah di Jatim adalah sulitnya menata dan melindungi sungai. Sebab, tak banyak sungai yang steril dari pencemaran, terutama akibat ulah buang sampah sembaranga­n.

Namun,inovasiyan­gdilakukan­Dinas PU Pengairan Banyuwangi layak jadi percontoha­n. Instansi tersebut kini menerapkan konsep yang diberi nama paranet vertical garden.

Caranya, memasang pembatas jala plastik (paranet) setinggi 2 meter secara vertikal di bibir/ jembatan sungai. Paranet itu diisi aneka tanaman hidup dalam pot plus hiasan bermotif gajah oling khas Banyuwangi. Inovasi tersebut tak hanya mampu meminimalk­an aksi buang sampah ke sungai. Tapi juga mempercant­ik wajah kota.

Inovasi yang dimulai awal tahun itu sudah diterapkan di delapan jembatan sungai di wilayah perkotaan. Bukan hanya itu, paranet vertical garden juga dipasang di jembatan-jembatan lain di kecamatan lainnya.

Sekretaris Dinas PU Pengairan Reza Alfahrobi mengatakan, ide pemasangan barier tersebut bermula dari perintah Bupati Abdullah Azwar Anas yang melihat banyak sampah di sejumlah jembatan sungai. ”Karena itu, bupati minta sungai dibersihka­n, lalu sisi kanan dan kiri jembatan itu ditutup sehingga warga tidak bisa buang sampah ke sungai,” ujar dia.

Selanjutny­a, dinas PU berinisiat­if memasang vertical garden serupa di setiap jembatan yang berada di wilayah Kota Banyuwangi.

Instansi tersebut mengganden­g arsitek lokal untuk mendesain hiasan di pembatas-pembatas itu.

 ?? JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? INOVATIF: Jembatan Sungai Sobo menjadi salah satu objek percontoha­n konsep paranet vertical garden di Banyuwangi.
JAWA POS RADAR BANYUWANGI INOVATIF: Jembatan Sungai Sobo menjadi salah satu objek percontoha­n konsep paranet vertical garden di Banyuwangi.
 ?? JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? FUNGSI GANDA: Pemasangan paranet vertikal garden membuat wajah di sekitar Pantai Marina Boom makin cantik.
JAWA POS RADAR BANYUWANGI FUNGSI GANDA: Pemasangan paranet vertikal garden membuat wajah di sekitar Pantai Marina Boom makin cantik.
 ?? HUMASPROV FOR JAWA POS ?? TAHAP KEDUA: Khofifah Indar Parawansa (dua dari kanan), Menkes dr Terawan Agus Putranto (kiri), Rois Am PB NU KH Miftakhul Akhyar (tengah), dan sejumlah pejabat lain dalam peresmian pembanguna­n RS NU Jombang kemarin.
HUMASPROV FOR JAWA POS TAHAP KEDUA: Khofifah Indar Parawansa (dua dari kanan), Menkes dr Terawan Agus Putranto (kiri), Rois Am PB NU KH Miftakhul Akhyar (tengah), dan sejumlah pejabat lain dalam peresmian pembanguna­n RS NU Jombang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia