Jawa Pos

Gali Irigasi, Temukan Batu Bata Kuno

-

PASURUAN, Jawa Pos – Penggalian irigasi di Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, terpaksa dihentikan sementara. Sebab, warga yang tengah menggaliny­a menemukan batu bata kuno. Ukurannya jauh lebih besar daripada bata yang diproduksi saat ini. Penemuan itu berselang sebulan setelah dua yoni ditemukan di Sukorejo.

Bata kuno tersebut ditemukan sekitar dua pekan yang lalu, ketika beberapa warga bekerja bakti menggali irigasi. Sebelumnya warga mengabaika­nnya karena mengira benda biasa. Namun, temuan itu menyebar dari mulut ke mulut.

Kepala Desa Dhompo Moh. Salim, yang menduga bata tersebut memiliki nilai sejarah, meminta penggalian dihentikan sementara. Saat itu sudah ada enam bata yang ditemukan. Sebagian masih utuh, tapi ada juga yang terbelah.

Dari bentuknya, permukaan bata tersebut bermotif setengah lingkaran. Ukurannya sekitar 35 x 25 sentimeter dengan ketebalan 6 sentimeter. Selama ini warga sekitar memang sering menemukan bata semacam itu. Bahkan, ada juga yang pernah mendapati benda antik berupa guci.

”Sejak kami yakin ada bangunan kuno, saya hentikan sementara pembanguna­n. Kalau memang itu cagar budaya, kami semua akan merawatnya. Supaya bisa dilihat anak-cucu sebagai kebanggaan akan warisan leluhur,” tuturnya.

Sejauh ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan tengah menunggu laporan resmi terkait temuan kuno tersebut. ”Secara lisan ada laporan dari desa. Kami sudah tinjau ke lokasi juga,” ujar Kasi Sejarah dan Kepurbakal­aan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan Ika Ratnawati.

Bata itu diperkirak­an merupakan susunan dinding pembatas yang di bagian bawahnya terdapat bangunan yang lebih besar. Namun, Ika belum bisa memastikan. Alasannya, harus melalui kajian dari Balai Pelestaria­n Cagar Budaya (BPCB).

 ?? M. BUSTHOMI/JAWA POS RADAR BROMO ?? DIHENTIKAN: Seorang warga Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, menunjukka­n bata yang diduga peninggala­n zaman dulu.
M. BUSTHOMI/JAWA POS RADAR BROMO DIHENTIKAN: Seorang warga Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, menunjukka­n bata yang diduga peninggala­n zaman dulu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia