Jawa Pos

Sterilisas­i Ruang UTBK

- SURABAYA,

– Persiapan pemungkas ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dilakukan Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kemarin (4/7). Tim panitia lokal (panlok) menerjunka­n beberapa petugas untuk menyemprot setiap ruang ujian.

Kabag Akademik UINSA Abdullah Rofiq Mas’ud menjelaska­n, pihaknya ditunjuk sebagai mitra Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) ’’Veteran’’ Jatim untuk membantu pelaksanaa­n UTBK bagi peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2020. Persiapan ruangan dengan menerapkan protokol kesehatan berdasar yang dikeluarka­n Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN) dilakukan sejak awal Juni. Mulai menempelka­n stiker di setiap meja, membuat standar jarak antarkompu­ter, hingga menempatka­n sejumlah keran air di titik-titik strategis untuk cuci tangan.

’’Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya juga sudah melakukan survei ke sini. Persiapan H-1 ini kami mengulang sterilisas­i. Mengelap keyboard dan

mouse dengan alkohol serta menyemprot­kan disinfekta­n di semua ruangan,’’ terangnya.

Meja, kursi, pintu, dan jendela tidak luput dari semprotan disinfekta­n. Pihaknya pun sudah mengatur alur datang dan pulang bagi setiap peserta UTBK. Peserta yang diantar orang tuanya hanya boleh didrop sampai di depan kampus. Setelah itu, mereka langsung diarahkan ke ruang tunggu di auditorium.

’’Kalau sudah mulai masuk ke ruang ujian, lewat pintu utama laboratori­um integrasi. Ada dua petugas yang ngecek suhu tubuh. Batas maksimal suhu yang bisa ditolerans­i adalah 37,5 derajat Celsius,’’ jelas alumnus Komunikasi Stikosa-AWS tersebut. Rofiq menyebutka­n, total ada 170 komputer di 11 ruangan yang disiapkan. Satu hari bakal terbagi dalam dua sesi dengan selisih waktu yang cukup jauh, yakni 2 jam 45 menit, demi mengurangi kerumunan.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PATUHI PROTOKOL: Petugas menyemprot­kan disinfekta­n ke ruangan yang digunakan UTBK.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PATUHI PROTOKOL: Petugas menyemprot­kan disinfekta­n ke ruangan yang digunakan UTBK.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia