Jawa Pos

Terinspira­si Kearifan Lokal Budaya Jawa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Deretan kanvas memenuhi studio milik seniman Triyoso Yusuf di Jalan Banyu Urip. ”Itu karya terbaru saya saat menjalani karantina mandiri di tengah pandemi,” kata Triyoso. Dia banyak terinspira­si kearifan lokal dari wayang dan kesenian musik. Lantas, ide itu dia tumpahkan pada lukisan bergaya figuratif. Kearifan lokal menjadi inspirasin­ya sejak awal menjalani profesi sebagai pelukis. Salah satunya kearifan lokal dalam wayang. Cerita-cerita dalam pewayangan sering menjadi nspirasi karyanya. Misalnya karya terbarunya yang dikerjakan saat pandemi merebak. Yakni, lukisan sejumlah tokoh wayang kulit dengan latar belakang warna cokelat.

Lukisan itu juga bercerita tentang wabah penyakit atau pandemi. Triyoso menjelaska­n, lukisan tersebut mengisahka­n penyebaran wabah oleh tokoh wayang Batara Kala dan

Wadyabalan­ya dalam legenda Mahabharat­a. Usaha tersebut dihadang Kesatria Werkudara. Namun, Batara Kala dan Wadyabalan­ya masih mampu menyebar wabah.

Sampai akhirnya adik bungsu Werkudara, Sadewa, membantu menghalang­i usaha tersebut. Wabah akhirnya bisa diatasi dan negeri menjadi tenteram lagi. Dari cerita tersebut,

Triyoso mengungkap­kan satu pelajaran bermakna. ”Intinya, menghadapi bencana dibutuhkan kerja sama. Tidak bisa sendirisen­diri. Seperti pemerintah yang dibantu masyarakat,” ujar bapak empat anak itu.

Selain wayang, kearifan lokal dalam budaya Jawa juga kerap memberinya inspirasi. Misalnya dari kesenian musik. Triyoso mengaku sangat mengagumi musik yang mengandung aksen Jawa seperti campursari. Lantas, dia menuangkan inspirasi dari musik tersebut. Misalnya, lukisan yang menggambar­kan suasana acara musik Jazz Kampoeng Djawi di Jombang.

Dalam lukisan tersebut, digambarka­n kemeriahan yang mengandung nilai kearifan lokal. Mulai penyanyi yang menggunaka­n kebaya, dekorasi Jawa, hingga gunungan wayang. Dia puas jika bisa mengenalka­n kearifan lokal lewat visualisas­i di lukisannya. Harapannya, lebih banyak anak muda yang melestarik­an kearifan lokal tersebut.

”Apalagi, sekarang bermuncula­n musisi muda yang mengombina­sikan musik Jawa dengan musik modern,” ucap dia.

 ?? TRIYOSO YUSUF FOR JAWA POS ?? GAYA FIGURATIF: Triyoso di depan salah satu lukisannya kemarin.
TRIYOSO YUSUF FOR JAWA POS GAYA FIGURATIF: Triyoso di depan salah satu lukisannya kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia