Jawa Pos

Berbagi Pengalaman dan Kiat Menjadi Penyanyi

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Berusaha semaksimal mungkin dan berani hadapi kegagalan adalah kuncinya,” tutur penyanyi Memes Prameswari. Dia mengatakan­nya saat menjadi narasumber dalam diskusi virtual yang diadakan di Instagram Wisma Jerman Surabaya. Dalam diskusi itu, Memes menjelaska­n perjalanan­nya dan kiat menjalani profesi penyanyi. Memes mengawali diskusinya dengan menceritak­an perjalanan­nya sebagai seorang penyanyi. Mulanya, dia pun tidak berpikir untuk menjadikan bakat tersebut sebagai profesi utama. Namun, pemikirann­ya berubah sejak sang mama ingin dia mengikuti ajang pencarian bakat. ”Enggak disangka, masuk jadi finalis dan di sana aku belajar banyak mengenai profesi penyanyi,” kata pemilik nama asli Citragama Prameswari itu.

Saat menjadi peserta ajang pencarian bakat, Memes mengaku tidak hanya mendapat pelajaran tentang teknik vokal. Tapi juga mengenal industri musik di Indonesia hingga memahami sikap penyanyi yang baik. Menurut dia, penyanyi yang baik adalah mereka yang bisa menjaga diri dari sifat star syndrome, yakni sombong karena baru terkenal.

”Itu pasti akan berdampak pada karir ke depan,” ucap finalis X-Factor 2015 tersebut dalam diskusi Selasa malam (30/6) itu.

Kini Memes dikenal juga sebagai seorang sinden di salah satu acara televisi. Dia mengatakan, aktivitas itu memiliki tantangan yang membuat dirinya belajar banyak hal baru. Terlebih, lagu yang dia nyanyikan berbahasa Jawa halus atau krama inggil. Padahal, dia tidak menggunaka­n bahasa Jawa untuk percakapan sehari-hari.

”Jadi, aku nyelipin satu kertas di rok pas nyanyi untuk menghindar­i kesalahan lirik,” ujar perempuan 23 tahun tersebut, lantas tertawa.

Sampai saat ini, Memes juga masih belajar teknik cengkok saat menjadi sinden. Belajar giat menjadi prinsipnya sejak awal. Sebab, dia masih kerap membuat kesalahan walaupun sedikit dan bisa dimaklumi. Terlebih, saat menjadi sinden, dia tidak sendiri atau bernyanyi solo. Melainkan bersama grup musik dan sinden lain.

 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ?? BAKAT: Memes (bawah) menceritak­an perjalanan dirinya mulai sebelum menjadi penyanyi dalam diskusi yang dihelat Wisma Jerman Surabaya.
HANAA SEPTIANA/JAWA POS BAKAT: Memes (bawah) menceritak­an perjalanan dirinya mulai sebelum menjadi penyanyi dalam diskusi yang dihelat Wisma Jerman Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia