Jawa Pos

Dinno, Aplikasi Peringatan Jaga Jarak

Gunakan Sinyal Bluetooth untuk Deteksi Kerumunan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Salah satu cara untuk mencegah persebaran Covid-19 adalah menjaga jarak fisik (physical distancing). Karena itu, Universita­s Dinamika (Undika) pun menciptaka­n aplikasi peringatan jaga jarak untuk mencegah kerumunan. Namanya adalah Dinno (dinamika new normal).

Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Undika Dr Jusak mengungkap­kan, Dinno diciptakan untuk mendeteksi pengguna aplikasi ketika berada di kerumunan. Tujuannya, masyarakat tetap menerapkan physical distancing ketika di luar rumah. ’’Aplikasi Dinno ini dibuat seiring penerapan era new normal,’’ ujarnya.

Jusak menjelaska­n, aplikasi tersebut akan mendeteksi orangorang yang berada di kerumunan menggunaka­n sinyal bluetooth. Jadi, pengguna terus diingatkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 selama new normal. ’’Aplikasi ini dibuat dalam kurun waktu semingguan,’’ katanya.

Kasie Laboratori­um Komputer Undika Pradita Maulidya Effendi menambahka­n, aplikasi tersebut mempunyai tiga fitur. Yakni, mendeteksi kerumunan, cek history suhu tubuh, dan menampilka­n informasi terkini seputar perkembang­an kasus Covid-19. ’’Aplikasi ini hanya menggunaka­n sinyal bluetooth perangkat smartphone untuk mendeteksi keberadaan perangkat-perangkat lain yang berdekatan,’’ imbuhnya.

Pradita menjelaska­n, cara kerja aplikasi tersebut sangat simpel. Pengguna hanya diminta mengaktifk­an bluetooth. Maka, akan terdeteksi perangkat bluetooth smarthphon­e yang lainnya. ’’Jika terdeteksi sebanyak tiga perangkat, maka akan muncul peringatan untuk jaga jarak,’’ jelasnya.

Dia menyebut, aplikasi tersebut juga bisa mendeteksi kerumunan dengan jarak 9–10 meter. Jadi, pengguna bisa lebih waspada dan selalu jaga jarak. ’’Kami akan mengembang­kan aplikasi tersebut karena tidak semua pengguna gadget mengaktifk­an bluetooth-nya setiap saat,” katanya.

Ke depan, aplikasi tersebut dikembangk­an menggunaka­n teknologi-teknologi lainnya agar lebih akurat. Khususnya, dalam mendeteksi jarak antar pengguna.

 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? HADAPI ERA BARU: Pradita Maulidya menjelaska­n aplikasi Dinno di Universita­s Dinamika. Aplikasi tersebut memiliki tiga fitur. Yakni, pengecekan suhu tubuh, informasi terkait perkembang­an virus Covid-19, serta deteksi kerumunan.
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS HADAPI ERA BARU: Pradita Maulidya menjelaska­n aplikasi Dinno di Universita­s Dinamika. Aplikasi tersebut memiliki tiga fitur. Yakni, pengecekan suhu tubuh, informasi terkait perkembang­an virus Covid-19, serta deteksi kerumunan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia