Jawa Pos

Jojo-Ikhsan Berebut Juara Grup

Untuk Hindari Pertemuan Lawan Ginting

-

JAKARTA, Jawa Pos – Para pemain di sektor tunggal belum berada dalam kondisi terbaik. Hal itu terlihat pada hari pertama PBSI Home Tournament kemarin (8/7). Dua pemain akhirnya mundur dari turnamen. Mereka adalah Firman Abdu l Kholik dan Muh. Asqar Harianto.

Firman yang dalam laga perdana takluk oleh Alvi Wijaya Chairullah dua game langsung (12-21, 1721) memutuskan mundur karena sakit. Dia tidak bisa melanjutka­n partai kedua.

Sementara itu, Asqar tak mampu melanjutka­n permainan saat berhadapan dengan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay pada partai kedua. Unggul 21-15 di set pertama, Asqar tertinggal 12-21 pada set kedua. Ketika laga dilanjutka­n dengan rubber game, poin berhenti di angka 3-1 untuk keunggulan Ikhsan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti menuturkan, Asqar mengalami kram pada kakinya. ’’Ada kram di kaki kanan,’’ jelas Susy kemarin. Peraih medali emas Olimpiade 1992 itu melanjutka­n, saat pertanding­an set kedua, Asqar terlihat tidak kuat melanjutka­n permainan dan sempat muntah.

Namun, dia memaksakan tetap bermain. ’’Di game ketiga, jalannya sampai diseret, lalu berhenti setelah tidak bisa jalan,’’ ucapnya. Sebagai pemain muda, Asqar dinilai memiliki semangat juang tinggi dan tidak mau kalah.

Pada hari pertama kemarin (8/7),

Karono menjadi pemain yang tampil mengejutka­n. Dalam game pertama, dia sukses menaklukka­n Christian Adinata dengan skor 2-1 (19-21, 21-19, 21-12).

Lalu, pada game kedua, Karono mampu merepotkan Shesar Hiren Rhustavito. Unggul di set pertama dengan skor 21-12, Karono akhirnya menyerah pada game setelahnya (15-21, 11-21).

Mengantong­i satu kemenangan dan satu kekalahan, peluang Karono lolos ke babak perempat final masih terbuka. Apalagi, pada babak pemungkas grup hari ini, dia ’’hanya’’ menghadapi Syabda Perkasa Belawa yang merupakan juru kunci. Di partai lain, Shesar akan saling bunuh dengan Christian untuk lolos.

Meski sudah meraih dua kemenangan, Shesar belum bisa dipastikan lolos. Persaingan di grup itu sangat terbuka. Tiket ke perempat final bisa lepas andai dia kalah dengan skor 0-2 oleh Christian. Sementara itu, dalam laga lain Karono menang dua set atas Syabda.

Di grup E, Ginting sudah memastikan lolos sebagai juara grup. Satu slot tersisa masih diperebutk­an antara Bobby Setiabudi dan Tegar Sulistio. Di grup H, Jonatan Christie bakal memperebut­kan status juara grup melawan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay. Kedua pemain harus bisa meraih juara grup agar terhindar dari pertemuan melawan Ginting dan Chico di perempat final pada game sore.

Jojo –sapaan akrab Jonatan Christie– sudah siap menghadapi Ikhsan pada laga pemungkas grup. Beberapa strategi yang mungkin digunakan adalah stroke dan mengontrol permainan depan net.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia