Jawa Pos

Jumlah Penumpang Pesawat 9 Ribu Orang Per Hari

-

SURABAYA, Jawa Pos − Jumlah penumpang di Bandara Juanda terus mengalami peningkata­n. Bahkan, naik hingga empat kali lipat. Faktor penyebabny­a banyak. Salah satunya, aturan kelonggara­n penumpang untuk bisa terbang. Termasuk layanan fasilitas rapid test yang diberikan pihak maskapai.

Jika dibandingk­an dengan sebelum adanya pandemi, jumlah penumpang di Bandara Juanda memang masih turun. Namun, jika dibandingk­an setelah adanya pembatasan penerbanga­n, setiap bulan terjadi kenaikan. ”Jumlah penumpang sekarang mulai naik lagi,” kata General Manager Bandar Udara Internasio­nal Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo.

Menurut Heru, untuk saat ini, sehari ratarata terdapat 9 ribu penumpang. Jumlah tersebut hanya pada keberangka­tan. Belum termasuk kedatangan. Jika dibandingk­an saat Mei lalu, pertumbuha­n penumpang jelas terjadi.

Termasuk jika dibandingk­an pada Juni.

Berdasar data yang diperoleh Jawa Pos, pada Juni lalu, jumlah penumpang domestik di Bandara Juanda mencapai 155.452 orang

Angkaterse­butmeliput­ikedatanga­n dan keberangka­tan. Jika dibandingk­an dengan periode yang sama tahunsebel­umnya,terjadipen­urunan sangat signifikan. Pada Juni tahun lalu, jumlah penumpang mencapai 1.285.775 orang.

Meski begitu, untuk saat ini penumpang di Bandara Juanda mengalami kenaikan. Mulai sepekan ini (6/7), jumlahnya mencapai 55.214 penumpang. Atau, rata-rata per hari 9.202 penumpang.

Jika dibandingk­an bulan lalu, kenaikanny­a mencapai empat kali lipat. Menurut Heru, ada beberapa faktor terjadinya peningkata­n jumlah penumpang. Misalnya, kelonggara­n aturan untuk terbang. Syarat rapid test yang maksimal tiga hari sekarang diperpanja­ng hingga 14 hari.

Di samping itu, beberapa maskapai juga mempermuda­h calon penumpang. Salah satunya memberi fasilitas rapid test. Harga rapid test menjadi satu kesatuan dengan harga tiket. ”Dengan begitu, sekarang tidak ribet lagi untuk terbang,” terang Heru.

Dia menuturkan bahwa untuk saat ini operasiona­l penerbanga­n difokuskan di T1 saja. T2 hanya pada penerbanga­n repatriasi. Kalaupun ada reguler, jumlahnya masih sedikit. Sebagian besar repatriasi itu untuk pemulangan pegawai migran Indonesia (PMI) dari Malaysia.

Para TKI itu dipulangka­n karena kontrakker­janyahabis.Selamabula­n ini,setidaknya­terdapat70­4penumpang dari penerbanga­n internasio­nal. Semuanya berasal dari Malaysia. Pemeriksaa­n ketat pun dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)ISurabaya.Salahsatun­yaterkait dokumen kesehatan.

Upaya tersebut tak lain mencegah persebaran virus Covid-19. Termasuk petugas bandara. Mereka juga dibekali alat pelindung diri (APD). Harapannya, bisa menjaga keamanan dan kenyamanan semua penumpang.

 ?? ALFIAN RIZAL JAWA POS ?? PERJALANAN UDARA: Calon penumpang pesawat terbang mengantre di konter check-in Bandara Internasio­nal Juanda. Jumlah penumpang mulai mengalami peningkata­n.
ALFIAN RIZAL JAWA POS PERJALANAN UDARA: Calon penumpang pesawat terbang mengantre di konter check-in Bandara Internasio­nal Juanda. Jumlah penumpang mulai mengalami peningkata­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia