Jawa Pos

Golkar Bersiap Pilih Ketua Baru

-

GRESIK, Jawa Pos − DPD Partai Golkar Gresik segera mengadakan suksesi melalui musyawarah daerah (musda). Rencananya, pemilihan ketua dan pengurus baru tersebut diselengga­rakan Minggu nanti (12/7). Sejumlah nama bakal calon ketua parpol peraih 8 kursi di DPRD Gresik itu pun beredar.

Saat ini ketua DPD Partai Golkar Gresik dijabat Ahmad Nurhamim. Pria yang juga wakil ketua DPRD Gresik itu terpilih secara aklamasi pada musda 4 Juni 2016. Dia menggantik­an Sambari Halim Radianto, bupati Gresik.

Sebetulnya, masa jabatan Nurhamim hingga 2021. Namun, sesuai instruksi DPP Partai Golkar bernomor: SI-3/ GOLKAR/VII/2020, pelaksanaa­n musda dipercepat. Pelaksanaa­n musda dipriorita­skan bagi daerah yang akan menggelar pilkada serentak. Nah, sesuai instruksi, pelaksanaa­n musda paling lambat 31 Agustus mendatang.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos, selain Nurhamim (petahana), tokoh yang berpeluang memimpin DPD Partai Golkar Gresik adalah Wongso Negoro. Dia tidak lain ketua Fraksi Golkar DPRD Gresik. Pria berusia 55 tahun asal Menganti itu dikenal sebagai kader yang berpengala­man. Selain itu, di kalangan warga akar rumput, Wongso cukup populer. Dia juga merupakan salah seorang penggerak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Gresik.

Ketika dikonfirma­si, Wongso menjawab diplomatis. ”Tidak ada, isu tersebut tidak benar. Sejauh ini, kami tetap mendukung Anha (panggilan Ahmad Nurhamim, Red) sebagai nakhoda partai,” jelas pria asal Menganti itu kemarin.

Dihubungi secara terpisah, Nurhamim mengaku pasrah terkait rencana pemilihan ketua di tingkat kabupaten tersebut. ”Saya serahkan ke DPD Golkar Jatim saja,” ungkapnya.

Nurhamim menjelaska­n, sistem pencalonan ketua Golkar di tingkat kabupaten bisa melalui dua cara. Yakni, mencalonka­n diri atau dicalonkan para anggota partai. ”Kalau diperintah untuk mencalonka­n, saya siap-siap saja,” tegasnya.

 ?? DOKUMENTAS­I JAWA POA ?? Wongso Negoro
DOKUMENTAS­I JAWA POA Wongso Negoro

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia