Jawa Pos

Ajak si Kecil Kolaborasi Melukis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai cukup menguras pikiran seniman Garis Edelweiss. Sebab, hampir semua seniman di Indonesia, termasuk Garis, terkena imbasnya. Kegiatan-kegiatan pameran pun tertunda demi melaksanak­an anjuran pemerintah untuk stay at home.

Garis mengakui bahwa selama korona ini, dirinya lebih banyak menghabisk­an waktu di rumah. Meski sebelumnya aktivitas seniman asal Pasuruan itu juga tidak jauh-jauh dari rumah, pandemi membuat keberadaan­nya di rumah kian terasa. ”Sepanjang stay at

home akhirnya membuat saya terus mengeksplo­rasi gaya drawing. Pokoknya, saya selalu bikin karya yang menyenangk­an untuk mengisi kekosongan,” lanjutnya. Bahkan, dia mengajak anak semata wayangnya, Aqila Syifa Edelweiss, berkolabor­asi menciptaka­n sebuah karya.

Anaknya yang berusia 5 tahun itu memang hobi corat-coret. Termasuk melakukan body

painting pakai bedak ataupun spidol. ”Gambar-gambarnya yang di dinding saya gambar ulang di kertas. Ada juga yang ngajak dia langsung gambar di kertas A3. Menyenangk­an saja, jadi ada penyegaran,” terang Garis.

Alhasil dari konsep seperti itu, terciptala­h karya bergaya naive art. Perpaduan gaya gambar corat-coret khas anak dipadukan goresan pensil khas Garis. Menurut dia, hal tersebut membuka peluang bagi Garis untuk menghasilk­an karya yang baru. ”Ternyata, respons orang-orang juga luar biasa. Makanya semasa di rumah, hampir setiap hari saya melukis, berasa lebih produktif,” imbuhnya.

Bukan hanya karya, kegiatan itu juga dianggap Garis sebagai terapi agar tidak stres. ”Karakter gambar si kecil cukup kuat. Tidak tertutup kemungkina­n ke depan akan ada pameran kolaborasi dengan anak saya,” ucap Garis.

 ?? GARIS EDELWEISS FOR JAWA POS ?? DUO: Garis Edelweiss berpose bersama anaknya, Aqila Syifa Edelweiss. Selama pandemi, mereka berdua berkolabor­asi menciptaka­n karya.
GARIS EDELWEISS FOR JAWA POS DUO: Garis Edelweiss berpose bersama anaknya, Aqila Syifa Edelweiss. Selama pandemi, mereka berdua berkolabor­asi menciptaka­n karya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia