Jawa Pos

Hilang Kendali, Bus Masuk Waduk

-

ANSHUN, Jawa Pos ‒ Sebuah bus yang mengangkut peserta gaokao, sebutan ujian masuk perguruan tinggi, tercebur ke danau buatan di Kota Anshu, Provinsi Guizhou, Tiongkok, Selasa siang (7/7). Sebanyak 21 orang tewas. Sebagian besar di antaranya merupakan peserta ujian.

Menurut Xinhua, dalam bus tersebut, terdapat pelajar yang baru menyelesai­kan ujian di sesi pagi. Berdasar video yang beredar, bus itu terlihat melaju dengan kecepatan normal saat melintasi jembatan di bawah Danau Hongshan.

Tiba-tiba, bus tersebut hilang kendali dan menyeberan­g ke jalur di arah sebaliknya. Pada akhirnya, bus itu menabrak pagar pembatas, lalu terjun bebas. ’’Kami mengerahka­n 141 personel pemadam kebakaran dan 19 penyelam untuk melakukan upaya pencarian,’’ tulis Guizhou Fire Department menurut BBC.

Ditambah dengan polisi dan tentara, sekitar 1.100 personel dikerahkan untuk menangani peristiwa tersebut. Saat ini badan bus dan 37 orang sudah diambil dari danau. Sebanyak 21 orang meninggal, termasuk sopir bus, dan 16 lainnya terluka.

Polisi menyatakan belum menemukan penyebab kecelakaan tersebut. Namun, sopir bus yang bermarga Zhang itu bisa dipastikan sangat berpengala­man karena bekerja sebagai sopir bus sejak 1997.

Gaokao merupakan momen yang penting bagi generasi muda Tiongkok. Hal tersebut biasanya menjadi kesempatan bagi keluarga miskin untuk menuntut ilmu dan mendapatka­n karir yang lebih baik. Tahun ini sekitar 11 juta pelajar mengikuti ujian yang dibagi per sesi selama dua hari itu. Ujian tersebut sudah ditunda selama sebulan karena pandemi Covid-19.

 ?? STR/AFP ?? EVAKUASI: Petugas diturunkan untuk mencari korban kecelakaan bus yang masuk ke waduk di Anshun, Guizhou, Tiongkok, pada Selasa (7/7).
STR/AFP EVAKUASI: Petugas diturunkan untuk mencari korban kecelakaan bus yang masuk ke waduk di Anshun, Guizhou, Tiongkok, pada Selasa (7/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia