Jawa Pos

Meski Kontrakan, Interior Tetap Keren

-

TINGGAL di rumah kontrakan atau kos membuat kita tidak bisa bebas mendekoras­i ruangan. Sebab, terkadang pemilik rumah tidak mengizinka­n adanya renovasi. Tapi, tenang. Ada banyak cara untuk membuat rumah kontrakan terlihat lebih nyaman dan cantik. Beberapa trik tanpa renovasi berikut ini tidak hanya membuat rumah menjadi nyaman dan keren interiorny­a.

GORDEN LEBIH BASAR

Banyak rumah kontrakan atau kos yang tidak memiliki jendela yang cukup besar. Untuk mengakalin­ya, Megan Leihgeber selaku ceramic and interior enthusiast mengakalin­ya dengan menginstal gorden yang lebih besar dibandingk­an ukuran jendela. Gorden dipasang pada rel yang lebih tinggi daripada frame atas jendela. Dengan begitu, bayangan jendela yang ditimbulka­n terasa lebih besar.

BERMAIN VERTIKAL

Karena sisi horizontal terbatas, satu hal yang bisa lebih dimainkan adalah sisi vertikal. Leihgeber tidak ragu memasang beberapa elemen vertikal yang mencuri perhatian. Misalnya, dua lampu gantung ber-statement. Atau memasang tirai kamar mandi yang dimaksimal­kan sampai ke plafon. Dia pun sengaja memilih warna krem yang mencerahka­n suasana. ’’Tirai besar membuat ruangan terasa lebih besar juga, sementara warna krem menghangat­kan suasana,’’ katanya, sebagaiman­a dilansir dari Apartement Therapy.

SERBAPOLOS DAN SIMPEL

Terlalu banyak motif terkadang membuat ruangan terasa aneh. Apalagi jika ruangan sempit dan kurang pandai padu padan. Untuk itu, Leihgeber memilih warna-warna terang tanpa motif untuk ruangannya. Diterapkan pada dinding, lantai, dan furnitur yang didominasi warna putih, krem, atau abu-abu. Dia lebih suka motif yang natural seperti motif kayu pada meja pantry.

FURNITUR YANG PAS

Meski berprinsip memaksimal­kan sisi vertikal, tidak berarti lantas seluruh furnitur boleh berukuran besar atau tinggi. Tetap harus pilih furnitur yang pas, bahkan cenderung kecil. Misalnya, ruang keluarga. Dia memilih sofa tanpa lengan yang cukup untuk dua orang. Lalu, dipadukan dengan karpet simpel yang nyaman untuk lesehan. ’’Aku juga meletakkan banyak bantal di lantai,’’ katanya. (*)

 ?? MEGAN LEIHGEBER VIA APARTEMENT THERAPY ??
MEGAN LEIHGEBER VIA APARTEMENT THERAPY
 ?? MEGAN LEIHGEBER VIA APARTEMENT THERAPY ??
MEGAN LEIHGEBER VIA APARTEMENT THERAPY
 ?? MEGAN LEIHGEBER VIA APARTEMENT THERAPY ??
MEGAN LEIHGEBER VIA APARTEMENT THERAPY

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia