Jawa Pos

Latihan Berjarak hingga Hasil Swab Test Keluar

-

JAKARTA, Jawa Pos – Ada yang berbeda dari latihan dalam training timnas Indonesia U-16 dua hari terakhir. Jika hari pertama Marselino Ferdinan dkk diberi latihan dengan intensitas rendah dan beberapa game yang memerlukan kontak fisik antar pemain, dua hari terakhir hal tersebut sama sekali tidak terlihat.

Kemarin (8/7), misalnya, pelatih timnas U-16 Bima Sakti memang tetap memberikan beberapa program pemulihan kondisi pemain. Mulai joging hingga pemanasan lainnya. Namun, selama melakukan latihan tersebut, jarak antar pemain benar-benar diperhatik­an. Tidak boleh dekat kurang dari 1 meter hingga bersentuha­n fisik. ’’Ya, hanya interval training dan circuit training saja, tidak ada kontrak fisik,’’ ucapnya.

Kenapa? Bima mengatakan, hal itu dilakukan karena skuadnya sudah menjalani swab test pada 7 Juli. Karena sadar hasil tes tersebut bakal penting untuk latihan timnya ke depan, dia tidak mau mengambil risiko dengan memberikan program yang memerlukan kontak fisik antar pemain. ’’Kalau nanti hasilnya negatif semua, baru kami akan latihan normal lagi,’’ terangnya.

Mungkin beberapa hari ke depan timnas U-16 tetap akan menggelar latihan tanpa sentuhan fisik. Bima pun masih belum tahu kapan hasil swab test keluar. Namun, berkaca dari beberapa pemberitaa­n, paling lama 2–3 hari ke depan hasil tersebut bisa diketahui skuadnya.

Bima sangat berharap hasilnya benar-benar bagus untuk timnas U-16. Jika ada satu pemain saja positif Covid-19, tentu semua program dan rencana yang disusun akan berubah total. ’’Semoga hasilnya negatif, itu saja. Semua pemain saat ini kondisinya sehat,’’ katanya.

Namun, memang latihan berjarak yang diterapkan dua hari ini berpengaru­h besar pada timnya. Terutama para pemain baru yang bergabung pada TC kali ini. ’’Kami sedang mencoba membenahi kondisi fisik pemain baru ini, kami juga meminta mereka cepat beradaptas­i,’’ ucap mantan pemain Persegres Gresik United tersebut.

Secara pribadi, Bima berharap pandemi korona sudah mereda pada Agustus. Sebab, timnya butuh sekali waktu untuk melakukan uji coba internasio­nal. Sebagai persiapan untuk menuju Piala Asia U-16. ’’Latihan juga kami harap full pada Agustus mendatang,’’ ungkapnya.

 ?? ANGGER BONDAN /JAWA POS ?? CARI KERINGAT: Dodik Suprayogi ambil bagian dalam ajang trofeo yang dilangsung­kan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin.
ANGGER BONDAN /JAWA POS CARI KERINGAT: Dodik Suprayogi ambil bagian dalam ajang trofeo yang dilangsung­kan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin.
 ?? PSSI ?? TIDAK MUDAH: Bima Sakti harus menyusun program yang disesuaika­n dengan situasi pandemi korona.
PSSI TIDAK MUDAH: Bima Sakti harus menyusun program yang disesuaika­n dengan situasi pandemi korona.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia