Jawa Pos

Pedagang Kuliner Ingin Taman Suroboyo Dibuka

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sentra Wisata Kuliner (SWK) mulai beroperasi dalam kondisi new normal. Namun, beberapa lokasi merasakan kunjungan konsumen masih sepi. Bahkan, kadang sehari tidak ada pengunjung sama sekali.

Kondisi itu terlihat di Sentra Ikan Bulak (SIB). Lantai 2 yang menjadi pusat kuliner tampak lengang. Kemarin (8/7) hanya ada petugas yang melakukan sterilisas­i. Padahal, penerapan protokol kesehatan sudah bagus. Ada tempat cuci tangan. Ada juga petugas yang mengecek suhu tubuh.

Samiyadi, salah seorang pedagang, mengungkap­kan, kondisi itu berlangsun­g sejak dua pekan lalu. Meski sepi, mereka tetap bertahan sambil berharap pengunjung yang datang lebih banyak. ’’Sudah ada pemilik warung yang memilih tutup karena pengunjung­nya sepi,” katanya.

Mereka berharap Taman Suroboyo dibuka. Sebab, ruang terbuka hijau itu menjadi daya tarik masyarakat untuk mengunjung­i SIB. ’’Kalau taman ramai, SIB juga ikut ramai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi (Dinkop) Surabaya Widodo Suryantoro mengatakan, pihaknya sudah berupaya untuk membantu pedagang SWK agar bisa terus bertahan di tengah kondisi pandemi saat ini. Salah satunya dengan mengerahka­n pendamping untuk menjaring apa saja yang menjadi keluhan mereka. ’’Pendamping juga bertugas mendorong pedagang ini agar bisa terus bertahan,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya sudah mengganden­g kurir untuk layanan pesan antar. Untuk sementara ada 15 SWK yang sudah dilayani kurir tersebut. ’’Termasuk jasa layanan online, beberapa sudah bergabung,” ucapnya.

Penggunaan kurir itu dinilai efektif. Mereka tidak hanya berperan menyambung­kan pesanan antara pedagang dan pembeli, tapi juga mempromosi­kan dagangan. Sebab, banyak kurir yang sudah memiliki langganan tetap.

 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? UPAYA TARIK PEMBELI: Zenal Mustaqin menyemprot­kan disinfekta­n di meja dan kursi Sentra Ikan Bulak kemarin. Sejak sentra wisata kuliner dibuka dua pekan lalu, jumlah pengunjung yang menikmati makanan pesisir masih sedikit.
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS UPAYA TARIK PEMBELI: Zenal Mustaqin menyemprot­kan disinfekta­n di meja dan kursi Sentra Ikan Bulak kemarin. Sejak sentra wisata kuliner dibuka dua pekan lalu, jumlah pengunjung yang menikmati makanan pesisir masih sedikit.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia