Jawa Pos

Rancang Mulai Latihan Awal Agustus

- SURABAYA,

Jawa Pos – Tim pelatih Persebaya Surabaya sudah menjalin komunikasi dengan pihak manajemen. Memang, belum ada keputusan yang diambil. Sebab, mereka masih menunggu kejelasan detail Liga 1 2020.

Meski begitu, tim pelatih sudah punya ancang-ancang. Aji Santoso merencanak­an program latihan bagi pemainnya. Lalu, kapan latihan kembali dilakukan? ’’Kalau kompetisi benar-benar dimulai 1 Oktober, paling tidak minggu pertama Agustus tim sudah latihan,’’ kata pelatih asal Kabupaten Malang itu kepada Jawa Pos.

Jika benar, Green Force –julukan Persebaya– akan memiliki waktu persiapan yang cukup. Sebab, sebelumnya, Aji mengaku butuh waktu dua bulan untuk menyiapkan skuad. Waktu dua bulan itu dianggap ideal. Sebab, sudah hampir empat bulan pemain Green Force tidak berlatih di atas lapangan. Terakhir mereka berlatih pada 21 Maret lalu.

Walau sudah ada rencana berlatih, belum ada imbauan kepada pemain.

Sebab, memang belum ada keputusan resmi. Terutama dari pihak manajemen. ’’Masih ada waktu, nggak masalah. Pokoknya kalau bisa latihan sudah dimulai antara minggu pertama atau minggu kedua Agustus,’’ sebutnya. Yang jadi masalah, mau latihan di mana? Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November tengah direnovasi. Praktis, di Surabaya, hanya ada Lapangan Polda Jatim yang siap pakai. Sejatinya, ada opsi untuk menggelar latihan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Hanya, belum ada garansi izin untuk menggelar latihan. Sebab, kondisi pandemi masih berbahaya. Sejauh ini, para pemain Green Force hanya berlatih mandiri. Beberapa pemain memang bermain di atas lapangan. Sebut saja Rendi Irwan yang rutin menyambang­i lapangan Klagen, Sidoarjo. Atau Rizky Ridho yang sering berlatih di lapangan Simo, Surabaya. Hanya, dua lapangan tersebut tidak pernah dijadikan tempat berlatih bagi skuad Green Force.

Aji belum jauh memikirkan sampai ke sana. Dia masih fokus bagaimana mempersiap­kan tim. Beruntung, para pemain dipastikan akan kembali berlatih dalam kondisi baik. Sebab, meski libur, nyaris semua pemain rutin melakukan latihan. Seperti Oktafianus Fernando, Koko Ari Araya, Patrich Wanggai, hingga Makan Konate. Mereka rutin berlatih di Apartemen Puncak Marina, Surabaya.

Selain itu, tiga kiper masih diwajibkan berlatih mandiri. Mereka adalah Rivky Mokodompit, Angga Saputro, dan Ernando Ari. Pelatih kiper Benny van Breukelen memang sama sekali tidak memberikan waktu istirahat bagi para kiper. ’’Agar mereka tidak kehilangan kecepatan di depan gawang. Ada tujuh materi latihan yang saya berikan melalui video,’’ terang Benny.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KENA PERUT: Makan Konate (kiri) dan Rendi Irwan dalam latihan terakhir Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 21 Maret lalu.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KENA PERUT: Makan Konate (kiri) dan Rendi Irwan dalam latihan terakhir Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 21 Maret lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia