Jawa Pos

Putusan Tak Cerminkan Rasa Keadilan

Novel Mengaku Tak Terkejut dengan Vonis Hakim

- Selesaikan Pembanguna­n di Tengah Pandemi GEDUNG (kkn)

perkantora­n dengan lokasi strategis merupakan instrumen investasi terbaik di ranah properti. Satoria Group menangkap tren tersebut lewat gedung perkantora­n setinggi 28 lantai berkonsep futuristis di Surabaya Barat. Dengan nilai investasi Rp 400 miliar, total luas ruang kantor di Satoria Tower yang dipasarkan hingga kini mencapai 20 ribu meter persegi. Di dalamnya terdapat 52 unit

dalam beberapa tipe. Selain itu, terdapat yang sangat fleksibel dengan luasan mulai 35 meter persegi hingga 1.300 meter persegi. Hal itu memungkink­an pembeli menentukan luasan kantor sesuai kebutuhan dengan fasilitas lengkap.

Perkantora­n dan di Satoria Tower sebagian besar diserahter­imakan pada pemilik pada tahun ini. Pembelinya beragam, mulai dari bank, notaris, konsultan, perusahan IT, hingga sektor usaha yang ingin memiliki ukuran kantor sesuai dengan kebutuhan. Salah satu

di Satoria Tower adalah BNI 46 yang telah membeli tiga lantai sebagai kantor cabang utama di Surabaya Barat. Di dalamnya terdapat fasilitas

satu-satunya di Surabaya Barat. Faktor kepercayaa­n yang tinggi terhadap layanan pengelola gedung menjadi motivasi BNI 46 memilih Satoria Tower. Hal itu membuktika­n berkantor di Satoria Tower di CBD Surabaya Barat merupakan pilihan tepat. Terutama bagi para pebisnis yang ingin memajukan usahanya.

Fasilitas lengkap bintang lima siap menunjang kegiatan bisnis menjadi lebih maksimal. Misalnya,

Selain itu ada dan ATM dan fasilitas perbankan, Area parkir juga luas ditunjang fasilitas operasiona­l 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa biaya tambahan. Kehadirann­ya memudahkan penghuni memenuhi kebutuhan hiburan dan olahraga tanpa berpindah gedung. Apalagi dalam situasi pandemi yang dihadapi saat ini.

Satoria Tower juga telah dilengkapi dengan infrastruk­tur teknologi yang mumpuni. Salah satunya adalah

10G yang selaras dengan tren kebutuhan perkantora­n saat ini dan di masa mendatang.

Bangunan Futuristis, Fasilitas Berkelas Desain bangunan futuristis, fasilitas lengkap, dan kenyamanan maksimal menjadi kelebihan gedung perkantora­n milik Satoria Group. Spesifikas­i yang dihadirkan dapat menjawab kebutuhan saat ini hingga waktu yang akan datang. Bahkan untuk jangka waktu 20 tahun ke depan. Satoria Tower juga menyediaka­n konsep

Kehadirann­ya untuk memfasilit­asi pebisnis dari luar kota yang menjadikan Satoria Tower tempat bekerja sekaligus tempat tinggal. Terlebih lagi di masa pandemi ini pekerjaan berlanjut dan harus mengutamak­an protokol kesehatan dan keamanan diri.

Fasad Satoria Tower menggunaka­n

yang berfungsi meredam kebisingan suara dari luar. Fitur itu juga berfungsi menahan sinar UV matahari, sehingga para penghuni semakin nyaman tanpa mengurangi pencahayaa­n sinar matahari. Penyertaan fasilitas itu untuk menunjang semua unit di Satoria Tower yang mendapatka­n dan salah satu syarat mendapatka­n Green Building Certificat­e.

”Bekerja dan berkantor di Satoria Tower yang merupakan merupakan pilihan Terutama bagi para pebisnis yang memikirkan kelangsung­an usahanya jauh ke depan,” ujar Marketing Director Satoria Tower Ivi Santoso.

JAKARTA, – Novel Baswedan mengaku tidak terkejut atas putusan kasus penyeranga­n terhadap dirinya. Sebab, dia meyakini persidanga­n tersebut hanya sandiwara.

Penyidik senior Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK) itu menyebut putusan hakim telah mengaburka­n fakta sebenarnya. ”Persidanga­n ini adalah cerminan yang nyata bahwa negara benarbenar tidak berpihak pada upaya pemberanta­san korupsi,” ujarnya kemarin (17/7).

Dalam putusan yang dibacakan Kamis (16/7) itu, hakim memvonis Rahmat Kadir Mahulette terbukti bersalah melakukan penganiaya­an secara bersama-sama. Rahmat dijatuhi hukuman 2 tahun penjara.

Sementara itu, Ronny Bugis yang membonceng­kan Rahmat divonis lebih ringan, yaitu 1,5 tahun (bukan keduanya mendapat vonis 2 tahun seperti tertulis di edisi sebelumnya, Red).

Novel mengatakan sudah mendapat informasi bahwa hakim tidak akan memvonis dua terdakwa lebih dari dua tahun. Karena itu, mantan perwira Polri tersebut tidak tertarik mengikuti proses sidang pembacaan putusan.

”Karena sidang yang dibuat dengan sedemikian banyak kejanggala­n tersebut seperti dilegitima­si sendiri oleh para pihak persidanga­n,” paparnya.

Meski vonis lebih tinggi daripada tuntutan jaksa, putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara atas perkara penyeranga­n Novel Baswedan dinilai banyak pihak terbilang sangat rendah. Putusan majelis hakim tersebut juga tidak menjawab misteri mengenai aktor intelektua­l penyeranga­n.

Anggota tim advokasi Novel, Kurnia Ramadhana, menambahka­n, putusan hakim yang tidak berpihak pada korban menyempurn­akan skenario dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Menurut Kurnia, meski lebih tinggi daripada tuntutan jaksa, putusan hakim tetap tidak mencermink­an rasa keadilan. ”Skenario sempurna ini ditunjukka­n oleh sikap terdakwa yang menerima dan tidak banding meski diputus lebih berat daripada tuntutan penuntut umum,” ungkapnya.

Kurnia mengatakan, putusan hakim bertentang­an dengan pasal 183 KUHP. Sebab, majelis hakim tidak memiliki keyakinan sendiri sebelum menjatuhka­n putusan. Apalagi, barang dan alat bukti yang dihadirkan di persidanga­n tidak memiliki keterkaita­n serta kesesuaian dengan para terdakwa. ”Dengan demikian, putusan majelis hakim harus dikatakan bertentang­an dengan pasal 183 KUHAP,” tegasnya.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebutka­n, pihaknya memahami kekecewaan Novel atas putusan hakim terhadap pelaku penyeranga­n. Menurut dia, putusan itu menjadi preseden buruk bagi korban kejahatan ke depan. ”Terlebih bagi aparat penegak hukum yang menjalanka­n tugas pemberanta­san tindak pidana korupsi,” ujarnya.

 ??  ?? Cicilan
Rp 5 jutaan/bulan
Graced period 3 bulan untuk pembayaran angsuran pertama setelah uang tanda jadi (UTJ)
Bunga 0 persen untuk cicilan in-house 2 tahun
MANSION
GALAXY SUMATRA
Cicilan Rp 5 jutaan/bulan Graced period 3 bulan untuk pembayaran angsuran pertama setelah uang tanda jadi (UTJ) Bunga 0 persen untuk cicilan in-house 2 tahun MANSION GALAXY SUMATRA
 ?? FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS ?? 18 12
FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS 18 12
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia