Jawa Pos

Baru Kumpulkan 57 Ribu Lembar Dukungan

Paslon Independen Tetap Yakin Lolos

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pasangan bakal calon independen M. YasinGunaw­an masih percaya diri bisa melenggang dalam pilwali Surabaya. Mereka sudah menyiapkan surat dukungan perbaikan sebanyak 57 ribu. Tim-tim sukses pun diminta turun lagi ke lapangan agar bisa mengumpulk­an lebih banyak dukungan.

Hingga kemarin (17/7) mereka sudah melewati tahap rekapitula­si verifikasi faktual. Gunawan menyebutka­n, dari laporan tim sukses dan tim penghubung, jumlah dukungan yang memenuhi syarat tembus 95 ribu sampai 100 ribu dukungan.

”Jadi bila 100 ribu yang memenuhi syarat, berarti yang tidak memenuhi syarat 39 ribu. Artinya, perbaikann­ya 80 ribuan, tapi ini masih perhitunga­n prematur karena belum selesai semua rekapitula­sinya,” kata Gunawan kemarin.

Dia menyatakan sudah menyiapkan sedikitnya 57 ribu dukungan perbaikan. Jumlah tersebut tentu masih kurang 23 ribu untuk menuju 80 ribu. ”Kalau tentang perbaikan, pasti ada perbaikan. Kami sadari itu sambil menunggu rekapitula­si verifikasi faktual di 31 kecamatan,” ungkap dia.

Gunawan menunjukka­n, di Kecamatan Benowo misalnya, jumlah yang menenuhi syarat 1.028 pendukung. Yang paling banyak berasal dari Kelurahan Sememi sebanyak 633 dukungan yang memenuhi syarat. Dari Kelurahan Tambak Osowilangu­n, hanya ada dua surat dukungan yang memenuhi syarat.

Data yang dihimpun di sejumlah kecamatan menyebutka­n, di Tenggilis Mejoyo yang memenuhi syarat 455, di Wonocolo 107, di Wiyung 577, di Wonokromo 405 orang, serta di Semampir 8.820 surat yang memenuhi syarat. Di Semampir yang harus diverifika­si 19.075 dukungan.

Tim sukses pun sudah dikerahkan ke lapangan untuk mendapatka­n dukungan lagi. Dia yakin dengan semakin sering diberitaka­n, pihaknya bisa mendapatka­n perhatian dari masyarakat. Warga jadi semakin tahu sepak terjang dan kerja keras mereka.

”Kali ini lebih mudah karena mereka mengetahui perjuangan kami. Malah pendukung yang bertanya kurang berapa,” tambah Gunawan. Dia meyakini warga tersebut bersemanga­t mencari dukungan dari teman dan keluarga besar mereka.

Koordinato­r Divisi Teknis Penyelengg­araan KPU Surabaya Soeprayitn­o menuturkan, ada rencana untuk mengadakan rekapitula­si verifikasi faktual tingkat kota pada Senin (20/7). Rekapitula­si tersebut akan menghadirk­an seluruh kecamatan di Surabaya. ”Iya, rencananya begitu, Senin,” ujar Nano, sapaan akrab Soeprayitn­o.

Dari hasil rekapitula­si tingkat kota itu, akan diketahui kekurangan jumlah dukungan paslon YasinGunaw­an. Mereka minimal harus mengumpulk­an 138.565 dukungan. Kekurangan dari jumlah dikungan itu harus dilengkapi dua kali lipatnya pada masa perbaikan.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? ANTISIPASI: Petugas pemutakhir­an data pemilih menjalani rapid test di Graha Prodia, Surabaya, kemarin.
FRIZAL/JAWA POS ANTISIPASI: Petugas pemutakhir­an data pemilih menjalani rapid test di Graha Prodia, Surabaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia