Jawa Pos

PDIP Surabaya Masih Tunggu Rekom

-

DPP PDIP sudah mengumumka­n rekomendas­i kepala daerah gelombang kedua. Dari 45 pasangan calon (paslon) yang dibacakan, partai belum memberikan keputusan final. Siapa yang bakal dimajukan sebagai calon wali kota Surabaya dari partai berlambang banteng moncong putih itu. Namun, DPC PDIP siap memenangka­n siapa pun kandidat yang ditunjuk.

Pengumuman calon kepala daerah dari PDIP itu kemarin (17/7) disampaika­n pukul 14.00. Lewat streaming YouTube, Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani membacakan satu per satu nama yang ditunjuk. Bergiliran dari wilayah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat.

Untuk Jawa Timur, ada enam kabupaten dan kota yang sudah dipastikan. Yaitu, Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, serta Kabupaten Mojokerto.

Lantas, kapan Surabaya?

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijon­o menjelaska­n, keputusan pemilihan paslon wali kota Surabaya bukan bergantung pada DPC. Namun, itu sepenuhnya domain DPP PDIP. ”Karena itu kewenangan partai,” ucapnya.

DPC PDIP Surabaya merupakan kepanjanga­n tangan partai. Apa pun keputusan DPP PDIP, Adi menyatakan siap menjalanka­n. ”Kami siap menjalanka­n jika sewaktu-waktu DPP PDIP mengumumka­n rekom,” jelasnya.

Pria yang kini menjabat ketua DPRD itu menyampaik­an kesiapan DPC PDIP. Partai sudah siap bertarung dalam pesta demokrasi. ”Organisasi dan jaringan sudah sangat siap,” tegasnya.

Di Surabaya, tinggal PDIP yang belum menentukan calon kepala daerah. Partai lain sudah menyatakan pilihan. Yaitu, mendukung Machfud Arifin. Mantan Kapolda Jatim itu pun terus bergerak. Mengumpulk­an dukungan.

Menanggapi hal itu, Adi mengaku tidak khawatir. Pihaknya optimistis Surabaya tetap menjadi kandang banteng. ”Meski waktu mepet, kami siap memenangka­n calon yang ditunjuk DPP PDIP,” terangnya.

Anggota Fraksi PDIP bersikap senada. Misalnya, Didik Tri Adiono. Menurut dia, PDIP bakal berupaya keras memenangka­n pilwali. ”Target kami menang dalam pilwali,” tegasnya.

Anggota komisi A itu tentu tidak sekadar sesumbar. Dia menyatakan, mesin politik PDIP sudah teruji. Selama 20 tahun, partai yang diketuai Megawati Soekarnopu­tri tersebut menjadi pemenang pilkada. ”Dukungan warga Surabaya sangat kami harapkan,” jelasnya.

 ?? PDIP FOR JAWA POS ?? KONSOLIDAS­I: Risma memberikan selamat kepada pengurus anak ranting PDIP di Tenggilis saat sebelum masa pandemi.
PDIP FOR JAWA POS KONSOLIDAS­I: Risma memberikan selamat kepada pengurus anak ranting PDIP di Tenggilis saat sebelum masa pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia