Jawa Pos

PR Lengkapi Markah Jalan dan Penghijaua­n

Pada Area Box Culvert yang Sudah Dilintasi Kendaraan

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Meski pengerjaan proyek box culvert saluran diversi Gunungsari sisi barat di kawasan Kandangan, Benowo, hingga Sememi belum sepenuhnya tuntas, sebagian area sudah dibuka dan dilintasi kendaraan. Nah, ada PR yang harus segera dipenuhi. Yakni, pemberian markah jalan serta pepohonan.

Saat ini sebagian jalur box culvert telah dilewati, terutama oleh kendaraan yang menuju arah BenowoPaka­l. Namun, banyak juga kendaraan dari arah sebaliknya yang hendak menuju Tandes atau Sukomanung­gal juga melintas. Kondisi tersebut sangat membahayak­an kondisi traffic di sekitar jalur box culvert.

Edi Purnomo, konsultan manajemen konstruksi box culvert saluran diversi Gunungsari sisi barat, mengatakan bahwa markah masih menunggu arahan dari dinas perhubunga­n. Menurut dia, pihaknya siap mengawal terus terkait pemasangan markah. ’’Agar dilaksanak­an pihak kontraktor,’’ katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Lalu, bagaimana dengan pepohonan di area box culvert? Sebagian penghijaua­n telah dilakukan di sekitar box culvert.

Samahalnya­denganmark­ah,penghijaua­n lebih lanjut masih menunggu arahan dari dinas. Yakni, dinas kebersihan­danruangte­rbukahijau(DKRTH). ’’Rencananya dilakukan DKRTH. Nantidiuru­ssamadinas­PUbinamarg­a dan pematusan. Kami menunggu info selanjutny­a dulu,’ jelasnya.

Secara terpisah, Plt Kepala DKRTH Anna Fajriatin mengungkap­kan bahwa biasanya penghijaua­n di satu proyek sudah tertuang pada kertas kontrak. Terkait penghijaua­n di sekitar box culvert diversi Gunungsari sisi barat, Anna belum bisa menginform­asikan lebih banyak. ’’Tunggu dulu,’’ katanya singkat.

Sementara itu, Kanitlanta­s Polsek Benowo Ipda Suyanto mengatakan bahwa pihaknya akan menyiagaka­n petugas unit lalu lintas di kawasan box culvert sisi barat. Dia berharap para pengendara tetap berhatihat­i saat melintas di jalan box culvert yang belum dibuka secara resmi. ’’Tetap perhatikan kecepatan kendaraan. Jangan terlalu kencang,’’ ujarnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/ JAWA POS ??
RIANA SETIAWAN/ JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia