Jawa Pos

Perbaiki Juga Jalan serta Drainase Sekitar Stadion

-

SURABAYA, Jawa Pos – Renovasi Stadion Gelora 10 November (G10N) terus dikebut. Kemarin (17/7) juga dilakukan penanaman rumput di lapangan sepak bola. Selain itu, jalur pedestrian di area stadion dibangun dan kualitas jalan ditingkatk­an.

Penanaman rumput yang berjenis Zoysia japonica tersebut memasuki tahap akhir. Setelah itu, rumput tinggal dirawat. Dibutuhkan waktu hingga tiga bulan agar rumput bisa diuji coba untuk bermain sepak bola.

Kemarin pekerja juga memperbaik­i tempat tunggu pemain di sisi barat lapangan. Di area dalam stadion, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaik­an. Salah satunya, perbaikan fasilitas penunjang. ”Saat ini perbaikan G10N sudah sampai 80 persen. Itu untuk proses keseluruha­n. Mulai kamar mandi hingga ruang ganti pemain. Kami perkirakan September nanti selesai semua,” jelas Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian Maharhando­no.

Perbaikan juga mencakup peningkata­n kualitas lampu agar bisa memenuhi standar internasio­nal. Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Edi Santoso menambahka­n, lampu di G10N saat ini belum memenuhi standar. Nanti kualitasny­a ditingkatk­an menjadi 800 lux. ”Itu untuk standar nasional, ya. Kalau internasio­nal, lebih tinggi lagi. Mencapai 1.060 lux,” katanya.

Edi menyebutka­n, untuk ukuran lapangan, dipilih yang paling besar sesuai standar internasio­nal. Panjangnya 110 meter dan lebarnya 74 meter. Edi mengatakan, perluasan itu bisa dilakukan karena G10N tidak memiliki lintasan atletik.

Renovasi juga dilakukan di luar stadion. Salah satunya, pembanguna­n jalur pedestrian di sisi utara dan selatan G10N. Hingga kemarin, pemasangan box culvert terpantau rampung. Begitu juga pengecoran jalur, sudah dilakukan. Tinggal pemasangan keramik.

Jalan di sekitar stadion juga diperbaiki. Salah satunya terlihat di sisi timur lapangan Karanggaya­m. Jalan aspal diganti menjadi paving. ”Yang dikerjakan saat ini baru di sisi utara, timur, dan selatan lapangan Karanggaya­m,” ucap Kasi Pembanguna­n Kecamatan Tambaksari Agus Maryono.

Dia mengatakan, pengerjaan sisi utara masih menunggu proyek jalur pedestrian rampung lebih dulu. Kemudian, baru menggarap jalan paving. ”Perkiraan September. Pembanguna­n ini masuk dalam skala kota. Jadi, digarap langsung OPD terkait,” katanya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TUNGGU TIGA BULAN: Pekerja mempersiap­kan lapangan sepak bola untuk ditanami rumput di Gelora 10 November kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TUNGGU TIGA BULAN: Pekerja mempersiap­kan lapangan sepak bola untuk ditanami rumput di Gelora 10 November kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia