Jawa Pos

Anak Main Layangan di Jalan, Ortu Dipanggil ke Kecamatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gandrung layang-layang melanda sebagian anak di Kota Surabaya. Di Surabaya Utara, sebagian anak-anak nekat bermain di jalan raya. Mereka tak mempunyai tempat karena hampir seluruh wilayah dipadati perumahan.

Aksi bermain layang-layang itu terpantau di Jalan Pegirian kemarin (17/7). Sejumlah anak menerbangk­an mainan dari kertas di jalan. Keberadaan mereka menghambat arus lalu lintas yang mengarah ke Jalan Kembang Jepun.

Kelakuan anak-anak yang bermain di jalan sempat viral di medsos. Hal itu membuat pemerintah gerah. Mereka sempat turun ke lokasi untuk membubarka­n anak-anak. Kasi Trantib Kecamatan Burhanudin menjelaska­n bahwa petugas berusaha bertindak tegas. Aksi bermain di jalan membahayak­an. ’’Bukan saja anaknya. Orang tuanya juga ditegur,’’ ungkapnya.

Pria asal Madura itu mengungkap­kan bahwa orang tua anak-anak yang bermain layangan tersebut telah dipanggil ke kecamatan. ’’Jumlahnya tak bisa disebutkan. Yang jelas, kami sudah mengingatk­an mereka untuk menjaga anak-anaknya,’’ tuturnya.

Dia mengatakan, aksi bermain layanglaya­ng di jalan bukan sekali terjadi. Itu hampir berlangsun­g setiap hari. Anakanak cenderung kucing-kucingan dan menunggu petugas lengah. Meski begitu, Burhanudin menyebutka­n bahwa anakanak sebenarnya tak bisa disalahkan sepenuhnya. Hampir tidak ada tempat bermain yang memadai.

Di wilayah Semampir, sebelumnya ada area makam yang biasa dipakai untuk menerbangk­an layang-layang. Namun, sekarang area itu tak bisa digunakan karena sudah dipenuhi pohon. ’’Persoalan layang-layang sebenarnya sepele. Namun, jika dibiarkan, akan mengganggu ketenteram­an dan membahayak­an nyawa orang,’’ katanya. Dia menuturkan bahwa kecamatan sudah berkomunik­asi dengan pengurus RT/RW. Mereka akan ikut menegur anak-anak yang bermain di jalan raya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MEMBAHAYAK­AN SEMUA ORANG: Anak-anak yang bermain layang-layang di jalan raya rentan tertabrak pengendara. Benangnya juga bisa mencelakai pengguna jalan lainnya.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MEMBAHAYAK­AN SEMUA ORANG: Anak-anak yang bermain layang-layang di jalan raya rentan tertabrak pengendara. Benangnya juga bisa mencelakai pengguna jalan lainnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia