Jawa Pos

Pulau Lusi Akan Dibuka Lagi

-

SIDOARJO, Jawa Pos ‒ Sampai saat ini Pulau Lumpur Sidoarjo (Lusi) belum boleh dikunjungi wisatawan. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo diminta menggelar simulasi. Kementeria­n Kelautan dan Perikanan (KKP) mengisyara­tkan akan mengizinka­n Pulau Lusi buka lagi.

Disporapar, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Bahari Jabon, Desa Kedungpand­an, Forkopimka Jabon, dan Balai Pengelolaa­n Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) dari Kementeria­n Kelautan dan Perikanan (KKP) meminta ada simulasi tentang penerapan standar protokol kesehatan. ’’Kementeria­n minta ada simulasi protokol kesehatan dulu,’’ ujar Kepala Disporapar Sidoarjo Djoko Supriyadi.

Kalau sudah ada, Pulau Lusi sangat mungkin bisa kembali buka. Karena itu, disporapar akan menyiapkan simulasi protokol kesehatan. Dalam simulasiny­a, dispora akan mengundang semua pihak terkait. Satgas Covid-19 kabupaten, satgas Covid-19 kecamatan, hingga desa. Termasuk dinas kesehatan. ’’Kemudian, mereka mengevalua­si, lalu memberikan rekomendas­inya apa,’’ katanya.

Tim diharapkan memberikan rekomendas­i yang baik. Rekomendas­i yang baik itu akan diteruskan ke KKP. ’’Agar Pulau Lusi bisa dibuka lagi,’’ katanya. Djoko memprediks­i akhir bulan ini Pulau Lusi baru boleh dibuka kembali.

Sebagaiman­a diberitaka­n, KKP menutup sementara Pulau Lusi sejak 4 Juli. Di sisi lain, Perbup No 44 Tahun 2020 Sidoarjo menyatakan bahwa tempat wisata boleh buka. Pengelola wisata maupun warga berharap segera dibuka kembali. Sebab, pengunjung menurun drastis. Usaha warung hingga sewa perahu pun sepi. test

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? RAMAI: Suasana penyeberan­gan dari Dermaga Tlocor menuju Pulau Lusi saat sebelum pandemi.
BOY SLAMET/JAWA POS RAMAI: Suasana penyeberan­gan dari Dermaga Tlocor menuju Pulau Lusi saat sebelum pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia