Jawa Pos

Kreasi Batiknya Sampai ke Paris Fashion Week

Hasil Kolaborasi dengan Oscar Lawalata

-

SURABAYA Jawa Pos merupakan salah seorang penggiat UMKM di bidang fashion wastra Nusantara. Sebagaiman­a batik tulis dan jumputan yang identik dengan warna alam dan warna cerah. Karyanya pun sempat terpilih untuk diperagaka­n pada Paris Fashion Week 2018.

Usaha tersebut dirintis pada 2010. Itu bermula saat dirinya menjadi kader lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berfokus pada anak. Sulaikah ditunjuk untuk memberikan pelatihan bagi anak-anak tidak mampu. Dia lantas mengikuti pelatihan membatik untuk meningkatk­an kemampuann­ya. Seusai mendidik anak-anak tersebut, Sulaikah melanjutka­nnya dengan usaha sendiri.

”Awalnya usaha batik jumputan dengan warna-warna alam. Kain dan

ready-to-wear,” ujar dia.

Dari situ, Sulaikah terus bersemanga­t untuk mengembang­kan usahanya. Yakni, mengikuti berbagai pelatihan. Pada 2016, dia merambah usaha batik tulis dengan berbagai motif yang identik dengan warna cerah. Misalnya, batik suroboyo dan batik parang. Karya batik tulisnya juga terpilih untuk dipamerkan pada peragaan busana Paris Fashion Week 2018. ”Kain batik saya berkolabor­asi dengan desainer Oscar Lawalata saat itu. Jadi, Oscar yang membuat busana dari batik tulisnya,” ujar ibu dua anak tersebut. Kini produk batik jumputan dan tulis miliknya diminati banyak kalangan. Mulai dalam hingga luar kota. Dia mengaku sangat senang menjalanka­n usaha itu. Sebab, dilakukan dengan perasaan senang dan bersemanga­t. ”Kuncinya, jangan mudah iri melihat prestasi orang. Jadikan inspirasi,” tutur pemilik usaha Batik Sekar Dewa tersebut.

Sampai saat ini, dia juga masih aktif memberikan berbagai pelatihan di samping tetap menjalanka­n bisnis. Karena itu, dia mengimbang­i dengan menjaga kebugaran seperti menjaga pola makan dan banyak mengonsums­i air putih.

 ?? SITI SULAIKAH FOR JAWA POS ?? PILIH WARNA CERAH: Siti Sulaikah membawa salah satu busana yang menggunaka­n batik kreasinya.
SITI SULAIKAH FOR JAWA POS PILIH WARNA CERAH: Siti Sulaikah membawa salah satu busana yang menggunaka­n batik kreasinya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia