Jawa Pos

Disambut Pep dan Jadi Nama Jalan

-

LEEDS, Jawa Pos – Setahun mengganti pelatih tiga kali sepanjang 2017–2018. Ya, awal musim 2017–2018, Leeds United memercayak­an kursi pelatih kepada Thomas Christians­en. Lalu, beralih ke Paul Heckingbot­tom pada tengah musim. Dan, saat akhir musim, posisi itu diberikan kepada Marcelo Bielsa.

Nah, dari Bielsa ini, Leeds menemukan jati dirinya sebagai klub yang pernah disegani di Premier League pada akhir dekade 1990-an sampai awal dekade 2000-an. Kemarin WIB (18/7) Leeds resmi come back ke Premier League setelah menghabisk­an 16 musim berkelana di level kedua dan ketiga Liga Inggris. Status sebagai jawara Championsh­ip itu didapat Leeds begitu West Bromwich Albion

keok di tangan Huddersfie­ld Town 1-2 Sabtu dini hari WIB.

Dilansir dari The Guardian, fans Leeds membentang­kan banner-banner pujian bagi Bielsa di Elland Road, markas Leeds. ’’In Bielsa We Trust.” Begitu bunyinya. Chant-chant berbunyi ’’Bielsa is God’’ yang diselingi dengan ’’Apakah Anda melihat, Manchester?” bergema di jalanan Leeds. ’’Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Mari kita mulai petualanga­n ini lagi,’’ ucap Bielsa dalam laman resmi klub.

Ya, Premier League bakal jadi arena petualanga­n sebenarnya dari El Loco, julukan Bielsa. Saking dianggap berjasanya pelatih 64 tahun itu bagi publik Leeds, namanya pun sampai diabadikan sebagai nama jalan di pusat kota Leeds. Laporan dari Yorkshire Evening Post menyebut, nama Marcelo Bielsa Way mulai dipakai sejak Sabtu pagi waktu setempat dan akan diresmikan pekan depan.

Dan, sebagai sosok pencetus filosofi sepak bola yang diikuti beberapa pelatih hebat dunia, Bielsa lebih layak bersaing di level teratas, Premier League. Ligue 1 2017–2018 adalah kompetisi domestik level teratas terakhir yang dia cicipi bersama LOSC Lille. Karena itu, sambutan dari pelatih-pelatih Premier League pun berdatanga­n kepadanya.

Salah satunya Pep Guardiola yang dikenal sebagai salah satu Bielsista, sebutan untuk penganut filosofi main Bielsa. ’’Yang terbaik sudah datang di Premier League.’’ Begitu bunyi cuitan Pep dalam akun Twitter-nya.

 ?? PAUL ELLIS/AFP PHOTO ?? NAIK KASTA: Suporter Leeds United mengibarka­n bendera bergambar Marcelo Bielsa setelah tim kesayangan­nya meraih tiket promosi ke Premier League.
PAUL ELLIS/AFP PHOTO NAIK KASTA: Suporter Leeds United mengibarka­n bendera bergambar Marcelo Bielsa setelah tim kesayangan­nya meraih tiket promosi ke Premier League.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia