Jawa Pos

Tunggu Kepastian Da Silva, Mahmoud, dan Aryn

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tim pelatih Persebaya Surabaya berencana menggelar latihan Agustus nanti. Latihan diharapkan bisa diikuti seluruh penggawa Green Force –julukan Persebaya.

Namun, tidak ada jaminan semua pemain bisa ikut bergabung. Terutama penggawa asing. Selain Makan Konate, tiga pemain asing tengah pulang kampung. David da Silva di Brasil, Mahmoud

Eid di Swedia, dan

Aryn Williams di Australia. Pelatih Persebaya Aji Santoso tidak bisa memastikan kapan mereka kembali.

’’Saya juga sempat dengar ada pemain (asing) di klub lain yang nggak mau kembali setelah tahu ada pembaruan kontrak,’’ terang pelatih 50 tahun itu kepada Jawa Pos. PSSI memang mengizinka­n setiap klub membayar gaji pemain kisaran 50 persen saja. Aturan itu bisa diterapkan mulai September nanti.

Nah, Aji berharap hal tersebut tidak terjadi di Persebaya. ’’Saya ingin semua pemain asing kami masih bisa bertahan,’’ kata mantan pelatih Arema FC tersebut.

Namun, Aji belum tahu bagaimana keputusan Da Silva, Mahmoud, dan Aryn. Sebab, manajemen Green Force saat ini belum melakukan renegosias­i kontrak. Lantas, bagaimana jika tiga pemain itu keberatan dengan aturan kontrak baru? Aji tidak bisa memaksakan. ’’Kalau memang pemain merasa keberatan dengan aturan PSSI, ya kami tidak bisa memaksa,’’ katanya. Sebagai pelatih, Aji menyerahka­n sepenuhnya soal renegosias­i kontrak kepada manajemen. Dia tinggal menunggu negosiasi antara pemain asing dan manajemen.

Hanya, untuk Konate, Aji menyebut sudah ada titik terang. Gelandang asal Mali tersebut mungkin menerima keputusan dari PSSI. ’’Karena Konate kan masih ada di Surabaya. Kalau dia (Konate) sepertinya nggak masalah. Tinggal pemain (asing) yang lain,’’ ungkap Aji.

Itu artinya, Konate bisa langsung bergabung jika latihan dimulai Agustus nanti. Untuk pemain lokal, nyaris tidak ada masalah untuk bergabung dalam latihan perdana.

 ?? ANGGER BONDAN /JAWA POS ?? MASIH DI KAMPUNG HALAMAN: David da Silva (kanan) dan Aryn Williams berlatih di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.
ANGGER BONDAN /JAWA POS MASIH DI KAMPUNG HALAMAN: David da Silva (kanan) dan Aryn Williams berlatih di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia