Jawa Pos

Buktikan, El Diablo!

Quartararo Rebut Pole Position GP Spanyol

-

JEREZ, Jawa Pos – Fabio Quartararo, si pangeran kualifikas­i, kembali mempertont­onkan kehebatann­ya. Bintang Petronas Yamaha itu merebut pole position MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez tadi malam WIB. Itu pole kedua dia secara beruntun di Jerez sekaligus yang ketujuh sepanjang karirnya. Posisi start terdepan menjadi bekal baginya untuk memberi pembuktian dalam MotoGP Spanyol hari ini (siaran langsung Fox Sports 2 mulai pukul 19.00 WIB).

Quartararo melesat tercepat dengan torehan waktu 1 menit 36,705 detik. Menyusul berikutnya rider Yamaha Maverick Vinales yang berjarak 0,139 detik. Juara bertahan Marc Marquez melengkapi barisan terdepan dengan terpaut 0,157 detik dari Quartararo.

Hasil itu seperti deja vu. Mirip dengan situasi musim lalu. Saat itu, Quartararo juga menjadi pole sitter, didampingi rekan setimnya, Franco Morbidelli. Marquez menempati posisi ketiga di starting grid.

Sayang, saat itu Quartararo tak mampu menjaga pos isinya. Dia bahkan gagal f ini s setelah mengalami masalah girboks pada lap ke-13. Nah, dengan kesempatan yang sama tahun ini, dia pantang mengulangi kesalahan tahun lalu. Apalagi, dia ingin membuktika­n bahwa dirinya memang penantang serius M a r q u e z sebagai kandidat juara dunia.

’’Kami bekerja sangat baik sejak FP4. Kecepatan (motor) bagus. Kecepatan Marc (Marquez, yang jadi benchmark dia, Red) juga luar biasa,’’ tutur Quartararo dalam wawancara di parc ferme yang, tidak seperti biasa, sepi orang. ’’Besok pagi (hari ini) kami akan mencoba berbuat lebih baik, dan kami siap bertarung,’’ imbuhnya.

El Diablo –sebutannya– tampil powerful sejak awal sesi latihan bebas ketiga. Di awal kualifikas­i kedua pun, dia menjadi pembalap pertama yang membukukan waktu di bawah 1 menit 37 detik. Tepatnya 1 menit 36,993 detik, hanya dalam percobaan kedua. Marquez membalas dengan 1 menit 36,877 detik. Namun, dengan segera, catatan itu dikalahkan Maverick Vinales yang menorehkan 1 menit 36,844 detik.

Saat kualifikas­i menyisakan semenit, rider Pramac Ducati Jack Miller terjatuh di tikungan ke-11. Hanya sedetik berikutnya bintang Suzuki Alex Rins terjatuh di tempat yang sama. Quartararo menyebut dua crash itu sempat memengaruh­i konsentras­inya.

’’Pikiranku sudah tertutup di lap terakhir itu. Ada kecelakaan di turn 11 dan aku harus berhati-hati. Di trek kan tidak ada layar monitor, jadi aku tidak tahu aku di posisi berapa. Aku tidak yakin lap itu cukup bagus,’’ papar Quartararo. ’’Tapi, ketika melihat ekspresi orang-orang di garasi, baru aku tahu kalau pole position,’’ imbuh Rookie of the Year 2019 tersebut.

Tahun lalu, Q u a r tara r o tampil hebat. Dengan dukungan tim satelit Yamaha, dia berhasil membukukan enam p o l e pos i t ion. Tetapi, selama itu pula, dia gagal mengakhiri race sebagai juara. Lima kali dia finis sebagai runner-up.

Lalu, akankah race hari ini akan menjadi momentum pecah telur buat El Diablo? Tentu Marquez, yang sudah juara dua kali beruntun sejak 2018, tidak akan tinggal diam.

Sementara itu, Rins tampaknya tidak baik-baik saja setelah terpelanti­ng dari motor. Dia bangkit dibantu petugas medis dan tampak memegangi tangan. Rins lantas dilarikan ke medical center untuk menjalani pemiksaan awal. Dia dilaporkan mengalami masalah di bahu kanan dan diragukan bisa tampil pada balapan hari ini.

’’Alex akan dipindahka­n ke rumah sakit (terdekat) untuk menjalani pemeriksaa­n lebih lanjut,’’ cuit Twitter resmi Suzuki Ecstar.

Terpisah, para r o o k i e musim ini belum mampu berbuat banyak. Alex Marquez, Iker Lecuona, dan Brad Binder tak mampu lolos dari kualifikas­i pertama .( n a p/ c 17/ n a)

 ?? HANDOUT MOTOGP.COM/AFP ?? POLE KETUJUH: Fabio Quartararo merayakan keberhasil­annya mengunci posisi start terdepan dalam sesi kualifikas­i GP Spanyol di Sirkuit Jerez tadi malam WIB.
HANDOUT MOTOGP.COM/AFP POLE KETUJUH: Fabio Quartararo merayakan keberhasil­annya mengunci posisi start terdepan dalam sesi kualifikas­i GP Spanyol di Sirkuit Jerez tadi malam WIB.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia