Jawa Pos

Pedagang Ingin Segera Pindah

Bagian Depan SWK Masih Dipaving

-

SURABAYA, Jawa Pos – Susi, salah seorang pedagang Sentra Wisata Kuliner (SWK) Wiyung, mengatakan tidak sabar untuk segera balik ke tempat asal. Ke lokasi S W K yang sedang direnovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Susi mendapat kabar dari petugas kasir SWK bahwa para pedagang akan kembali menempati lapak baru dalam waktu dua minggu lagi. Sementara ini, Susi dan pedagang lain berjualan di pendapa kantor Kelurahan Wiyung. Tepat di sebelah SWK yang direnovasi. ’’Kalau ditanya, senang nggak? Ya senang. Lebih bagus sekarang,” kata pedagang nasi tempong itu.

Sebelum direnovasi, lanjut Susi, area SWK sangat panas. Ada kipas angin, tapi untuk para pembeli. Tidak sedikit pedagang SWK yang membawa kipas angin sendiri supaya tidak kepanasan.

Selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Susi mengungkap­kan bahwa pendapatan­nya merosot tajam. Para pedagang sempat mengajukan keringanan pembayaran retribusi ke pemkot untuk tiga bulan. Per bulan, pedagang dikenai biaya retribusi Rp 60 ribu. ’’Kalau per hari itu ada biaya Rp 10 ribu untuk bayar listrik dan air,” ujar perempuan yang tinggal di kawasan Kedurus itu.

Dia berharap wajah SWK yang baru dapat menarik para pembeli untuk datang. Dengan begitu, pundipundi­nya bisa menggemuk kembali. ’’Ya bagaimana, waktu PSBB itu cuma satu pembeli. Kadang nggak ada sama sekali. Sementara, masakan itu cuma bertahan dua hari kan?” kenangnya.

Dari pantauan Jawa Pos, hingga kemarin SWK Wiyung terus bersolek. Ada lima pekerja yang tampak sibuk membetulka­n paving di area depan SWK. Mandor pengerjaan paving SWK Mukaroh menyebutka­n, pemasangan paving dilakukan sejak Senin (13/7).

Area pemasangan paving sekitar 200 meter persegi. Sebelumnya, lanjut Mukaroh, area di depan SWK memang dipaving. ’’Tapi, kondisinya rusak. Hari ini (kemarin, Red) sudah beres kok,” ucapnya.

 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/JAWA POS ?? PERBAIKAN: Pekerja menyelesai­kan pemasangan paving bagian depan SWK Wiyung kemarin.
DIMAS NUR APRIYANTO/JAWA POS PERBAIKAN: Pekerja menyelesai­kan pemasangan paving bagian depan SWK Wiyung kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia