Jawa Pos

Pengiriman Hewan di Pelabuhan Naik

Sapi dari NTT Diangkut ke Surabaya via Laut

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski terjadi pandemi Covid-19, antusiasme masyarakat untuk berkurban diprediksi masih tinggi tahun ini. Hal itu bisa dilihat dari tingginya arus bongkar muat ternak di Pelabuhan Tanjung Perak. Pengiriman hewan ke Surabaya meningkat jika dibandingk­an dengan tahun lalu.

Dari catatan PT Pelindo III Regional Jatim, pengiriman sapi selama Januari– Juni 2019 mencapai 1.075 ekor. Angkanya meningkat sekitar 3 persen tahun ini. Pada periode yang sama tahun ini, jumlah sapi yang dikirim ke Surabaya mencapai 1.106 ekor.

Kepala Humas PT Pelindo III Regional Jatim Rendy Fendy menjelaska­n, seluruh pengiriman hewan dipusatkan di Dermaga Kalimas. Pengangkut­an menggunaka­n kapal kayu. Dia menambahka­n, rata-rata sapi didatangka­n dari NTT dan NTB kemarin (18/7).

Dia menjelaska­n, sapi-sapi itu tidak hanya dipesan masyarakat Surabaya. Sebagian dikirim ke kota lain di luar

Jatim. Bahkan, ada yang dibawa via darat ke DKI Jakarta dan Jabar.

Berdasar keterangan Rendy, peningkata­n pengiriman sapi memang terjadi sebelum Idul Adha. Tepatnya Juni–Juli. PT Pelindo III telah mengantisi­pasi naiknya bongkar muat.

Tidak hanya mengeruk kolam, Pelindo juga mengaspal dermaga yang sempat rusak. Perbaikan dilakukan agar truktruk pengangkut barang bisa melenggang mulus di sekitar Dermaga Kalimas.

Rendy memaparkan, peningkata­n arus pengiriman hewan disebabkan banyak hal. Bukan hanya antusiasme masyarakat untuk berkurban. Peningkata­n pengiriman ternak juga dipengaruh­i naiknya konsumsi daging masyarakat Jatim.

Sebelumnya, upaya untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban juga dilakukan oleh Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surya. BUMD itu menyiapkan seribu sapi untuk dijual. Ada berbagai jenis sapi yang diperdagan­gkan.

Harga sapi-sapi itu beragam. Yang paling murah Rp 17 juta. Selain menjual hewan kurban, RPH membuka jasa layanan pemotongan. Proses tersebut dilakukan sesuai protokol Covid-19.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TAK HANYA UNTUK SURABAYA: Sapi dari NTT tiba di dermaga Kalimas.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TAK HANYA UNTUK SURABAYA: Sapi dari NTT tiba di dermaga Kalimas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia