Jawa Pos

Urban Farming di Kampung Tangguh

-

SURABAYA, Jawa Pos - Lahan sekecil apa pun bisa disulap menjadi produktif. Hal itu yang mendasari warga RW V Jalan Tambak Dalam Utama, Asemrowo, memanfaatk­an lahan untuk ketahanan pangan.

Terdapat 100 bibit yang ditanam di lokasi itu. Terdiri atas tujuh jenis tanaman. Antara lain, bibit sayuran sawi dan kangkung. Juga ada bibit singkong, cabai, terong, tomat, dan rosela. Camat Asemrowo Bambang Udi Utoro mengatakan, kegiatan tersebut diinisiasi dan diprakarsa­i pengurus Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo dari RW V Kelurahan Asemrowo. Kegiatan tersebut juga didukung dan melibatkan unsur Polsek Asemrowo dan Koramil Tandes.

”Ini tindak lanjut kami semua. Kan bulan lalu sudah dibersihka­n, ini implementa­sinya, kami tanami sayuran dan segala macamnya,” tuturnya kemarin (18/7). Bambang melanjutka­n, kegiatan itu juga memanfaatk­an lahan yang kosong dan penuh dengan barang tidak terpakai. Dengan begitu, lahan tersebut beralih fungsi menjadi kawasan yang memiliki manfaat bagi masyarakat Tambak Dalam Utama.

Bambang menambahka­n, kawasan yang sudah ditanami sayuran tersebut nanti juga dimanfaatk­an oleh pengurus kampung tangguh dan RW V untuk kebutuhan lain. ”Konteksnya kan urban farming, berkebun memanfaatk­an lahan seadanya. Pasti ada nilai ekonomisny­a. Jadi, hasilnya nanti bisa diolah sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Asemrowo AKP Hari Kurniawan mengatakan, masyarakat melukis tembok dengan menyertaka­n pesan-pesan moral. ”Perubahann­ya drastis. Sebelumnya tidak seperti ini. Harapannya, dapat mendukung situasi kamtibmas,” katanya.

 ?? AZZAM/JAWA POS ?? SEPANJANG 500 METER: Camat dan jajaran terkait menanam bibit di RW V Jalan Tambak Dalam Utama kemarin.
AZZAM/JAWA POS SEPANJANG 500 METER: Camat dan jajaran terkait menanam bibit di RW V Jalan Tambak Dalam Utama kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia