Jawa Pos

Polda Jatim Luncurkan Podcast Cak Bimo

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ditbinmas Polda Jawa Timur (Jatim) meluncurka­n program podcast bernama Cak Bimo kemarin (18/7). Program buatan binmas tersebut merupakan program sosialisas­i yang melibatkan masyarakat untuk berdiskusi tentang masalah-masalah terkini. Kemudian, hasil perbincang­an itu diunggah dalam kanal media sosial YouTube.

Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jatim Kompol Wiwit Adisatria mengungkap­kan, program tersebut merupakan program terbaru yang diluncurka­n Polda Jatim. Program itu dibuat karena terbatasny­a ruang gerak polisi dalam memberikan penyuluhan dan sosialisas­i secara langsung kepada masyarakat saat pandemi Covid-19.

Lewat penggunaan media sosial berupa podcast, diharapkan kesadaran masyarakat dapat tergugah secara langsung. Bahkan, podcast itu melibatkan masyarakat untuk berdiskusi tentang berbagai topik secara bersama-sama. ’’Kami melibatkan masyarakat dalam pembentuka­n inovasi ini. Dengan begitu, sosialisas­i yang kami berikan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan masyarakat juga aktif dalam menyikapi persoalan yang ada,’’ ujarnya.

Perwira dengan satu melati di pundak itu menjelaska­n, setiap pekan bakal ada tiga topik pembahasan yang berbeda dalam setiap tayangan podcast. Tentu, dalam tayangan tersebut, bukan hanya dari satu arah, tetapi juga dari bintang tamu yang diundang menjadi narasumber dalam setiap

podcast. Misalnya, tema besarnya adalah Covid-19. Jadi, terang Wiwit, tim juga bakal mengundang narasumber atau pembicara yang menginspir­asi dan memberikan pencerahan bagi masyarakat. ’’Kami undang para relawan Covid19, pejabat di kepolisian, maupun tim medis atau komunitas yang terlibat langsung dalam pembicaraa­n topik itu,’’ katanya.

Saat ini baru satu tayangan yang dirilis Ditbinmas Polda Jatim di kanal YouTube Cak Bimo. Tayangan itu membahas bahaya dan risiko ambil paksa jenazah positif Covid-19. Nah, narasumber waktu tayangan pertama tersebut adalah Wakasatres­krim Polrestabe­s Surabaya Kompol Ardian Satrio Utomo. ’’Kami akan undang komunitas, relawan, Kemenag, atau tokohtokoh lainnya yang menjadi patron masyarakat Jawa Timur untuk membahas topik lainnya. Sementara ini, kami fokuskan pembahasan pada topik Covid19,’’ jelasnya.

 ?? DENNY MAHARDIKA/JAWA POS ?? INOVATIF: Wawancara dalam bentuk podcast yang dilakukan Ditbinmas Polda Jatim untuk sosialisas­i program polisi.
DENNY MAHARDIKA/JAWA POS INOVATIF: Wawancara dalam bentuk podcast yang dilakukan Ditbinmas Polda Jatim untuk sosialisas­i program polisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia