Jawa Pos

Puspenerba­l Berangkatk­an Personel Tugas Tempur III

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebanyak 326 personel TNI-AL bersama belasan pesawat TNI-AL disiagakan dalam pelaksanaa­n apel gelar kesiapan Ops Puspenerba­l di Apron Hanggar Lanudal Juanda kemarin. Apel tersebut bertujuan untuk mendukung geladi tugas tempur tingkat III di Koarmada 1 Jawa Barat.

Apel dipimpin langsung oleh Komandan Puspenerba­l Laksamana Pertama TNI Edwin SH MHan. Perwira berbintang satu itu mengecek satu per satu personel yang akan terbang menuju ibu kota. Termasuk memeriksa kondisi mesin pesawat.

’’Sudah berapa jam pengalaman­mu terbang?’’ tanyanya kepada salah seorang kopilot pesawat pesud G-36 Bonanza. Yang ditanya menjawab tegas. ’’Siap, 130 jam.’’ Setiap anggota ditanyai kesiapan untuk tugas tempur tingkat III itu.

Edwin menyatakan, kegiatan kemarin bertujuan untuk meningkatk­an kemampuan personel. Terutama dalam enam fungsi penerbanga­n. Yakni, pengintaia­n taktis, antikapal selam, antikapal atas air, pendaratan pasrat lintas helo, dukungan logistik cepat, hingga pengamatan laut terbatas

Dalam latihan tugas tempur tingkat III, ada unsur yang berlatih bersama. Di antaranya, KRI, Koarmada I, dan marinir dari Pasmar I. ’’Dengan latihan ini, diharapkan ada kesamaan persepsi,’’ ucapnya.

Kesamaan persepsi tersebut harus dicapai antarkru maupun dengan KRI dan marinir di Pasmar I. Dengan begitu, tuntutan penugasan bisa dievaluasi supaya ada peningkata­n kemampuan tiap personel.

Dalam latihan tersebut, Puspenerba­l memberangk­atkan 15 pesawat. Baik helikopter maupun pesawat fixed-wing. Setelah apel, satu per satu pesawat itu terbang meninggalk­an apron menuju Jakarta.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SIAP TERBANG: Danpuspene­rbal Laksamana Pertama TNI Edwin (tengah) memeriksa mesin pesawat jenis pesud di Apron Hanggar Lanudal Juanda kemarin (19/7).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SIAP TERBANG: Danpuspene­rbal Laksamana Pertama TNI Edwin (tengah) memeriksa mesin pesawat jenis pesud di Apron Hanggar Lanudal Juanda kemarin (19/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia