Jawa Pos

Semua Sektor Harus Beradaptas­i

-

JAKARTA, Jawa Pos – Persebaran virus SARS-CoV-2 memicu perubahan. Terutama pada perekonomi­an. Daya beli masyarakat yang masih lemah dan adaptasi terhadap pola bisnis baru yang membutuhka­n waktu panjang membuat perekonomi­an sulit tumbuh. Tetapi, menurut World Bank dan Internatio­nal Monetary Fund (IMF), perekonomi­an Indonesia akan masuk lima besar pada 2024.

Staf Khusus II Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mohammad Ikhsan mengatakan bahwa pandemi Covid-19 berdampak macam-macam pada berbagai sektor usaha. Ada yang negatif. Namun, ada pula yang positif. Pengaruh terhadap sektor telekomuni­kasi dan healthcare tidak seberapa. Tetapi, untuk sektor konstruksi dan transporta­si, cukup besar pengaruhny­a.

’’Sedangkan, sektor financial services terdampak moderate. Akan recover 1‒ 2 tahun ke depan,’’ ucap guru besar ekonomi Universita­s Indonesia (UI) itu dalam webinar Economic Outlook 2020 bersama Maybank kemarin (22/7). Untuk sektor perbankan, menurut Ikhsan, pandemi memengaruh­i revenue (pendapatan) dengan efek berbeda pada setiap segmen.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan bahwa keberlangs­ungan bisnis pada masa pandemi sangat bergantung pada kemampuan dan kecepatan beradaptas­i. Perubahan perilaku masyarakat akibat wabah global tersebut bisa menjadi peluang. ’’Peluang bisnis juga bagi yang siap secara digital atau online untuk mendistrib­usikan barang dan jasanya,’’ katanya.

Perbankan pun, menurut Taswin, harus beradaptas­i. Misalnya, dengan membatasi interaksi dan transaksi langsung. ’’Hal itu yang kemudian memaksa perbankan menjadi katalisato­r konsumen untuk bertransak­si digital,’’ ungkapnya.

Bersamaan dengan itu, data produk domestik bruto-paritas daya beli dari World Bank dan Internatio­nal Monetary Fund (IMF) menyebutka­n bahwa Indonesia akan duduk dalam lima besar perekonomi­an dunia pada 2024. Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementeria­n Keuangan Febrio Kacaribu, itu akan terwujud asal penanganan pandemi diseriusi.

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? Taswin Zakaria
RAKA DENNY/JAWA POS Taswin Zakaria

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia